China Yakini Indonesia Mampu Segera Atasi Wabah Corona, Ini Alasannya

Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.(KOMPAS.COM/Shutterstock)

BeritaMakassar.com – Pemerintah China meyakini bahwa Indonesia akan mampu mengatasi pandemi virus corona Covid-19 sesegera mungkin.

Keterangan ini disampaikan oleh Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

“Di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo, Pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan yang komprehensif dan merespons epidemi ini secara efektif,” kata Qian dalam konferensi pers virtual sebagaimana dikutip Xinhua, Selasa (5/5/2020).

Selain itu, ia juga menyebut bahwa masyarakat Indonesia menunjukkan tekad dan keyakinan yang kuat dalam mengatasi pandemi yang masih berlangsung ini.

“Kami dengan tulus menghargai upaya-upaya yang telah dilakukan dan sangat yakin bahwa Indonesia pasti mampu mengatasi epidemi ini sesegera mungkin serta memulihkan kembali tatanan ekonomi dan sosial ke kondisi normal,” ujar dia.

Menurut Qian, Pemerintah Indonesia telah secara aktif terlibat dalam kerja sama internasional, memberikan perlindungan yang setara bagi warga negara asing di wilayahnya, serta menyediakan fasilitas bagi para diplomat dan anggota keluarganya.

China dukung Indonesia

Ia menekankan bahwa China akan terus memberikan dukungan dan bantuan bagi Indonesia dalam menangani pandemi corona ini.

Dalam menangani wabah virus corona, diketahui bahwa China dan Indonesia saling memberikan simpati dan dukungan.

Pada Maret lalu, China telah mengirimkan gelombang pertama bantuan medis ke Indonesia.

Adapun peralatan yang dikirimkan di antaranya terdiri atas alat uji, masker medis, pakaian pelindung, dan ventilator.

Kesiapan China untuk membantu Indonesia dalam menghadapi virus corona juga kembali disampaikan di tengah perbincangan Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping melalui sambungan telepon, Kamis (2/4/2020) lalu.

Saat itu, Presiden Xi menyampaikan rasa prihatin atas wabah virus corona yang terjadi di Indonesia dan membagikan pengalamannya dalam melawan pandemi ini.

“Kami percaya dan yakin dengan kegigihan Anda, Indonesia pasti akan mengalahkan wabah Covid-19” kata Presiden Xi Jinping.

“Indonesia akan menjadi salah satu prioritas kerja sama.

Secara umum, kami siap bekerja sama dengan rakyat Indonesia, bersatu padu untuk mengatasi Covid-19″ sambung dia.

Terbaru, Duta Besar Xiao Qian mengatakan bahwa pemerintah China akan segera mengirimkan bantuan gelombang kedua untuk Indonesia dalam waktu dekat ini.

Sejumlah provinsi, kota, hingga perusahan di China telah berencana untuk memperpanjang bantuan ke Indonesia.

Berdasarkan data hingga Selasa (5/5/2020), jumlah kasus infeksi Covid-19 di Indonesia sendiri bertambah sebanyak 484, yaitu total menjadi 12.071 kasus.

Adapun jumlah kasus kematian adalah sebanyak 872 kasus dan jumlah pasien sembuh adalah 2.197 orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “China Yakini Indonesia Mampu Segera Atasi Wabah Corona, Ini Alasannya”

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *