Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Duel Sengit Persija Jakarta Kontra PSM Makassar Diwarnai Delapan Kartu Kuning

  • Share

BERITAMAKASSAR.com — Persija Jakarta dan PSM Makassar baru saja menyelesaikan laga tunda pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 mereka sore ini, Rabu (28/8/2019).

Laga yang berlangsung di markas Persija Jakarta, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, masih tetap mempertontonkan laga sengit yang penuh dengan rivalitas.

Sejak peluit kick off babak pertama ditiup, kedua tim sudah tampil agresif dengan melakukan aksi jual beli serangan. Terbukti dengan terciptanya beberapa peluang bagus dari kedua tim.

Persija Jakarta yang tampil mengusung misi balas dendam pasca kekalahan di final Piala Indonesia 2018, berambisi mewujudkannya lewat formasi berimbang antara menyerang dan bertahan, yaitu 4-3-3.

Sementara bagi tim tamu, PSM Makassar, yang juga mengincar kemenangan perdana mereka di laga tandang, justru kembali memainkan semua pasukannya di laga kontra PSS Sleman beberapa waktu lalu dengan formasi andalan 4-2-3-1.

Formasi keduanya terbukti berjalan berimbang setelah mereka mengakhiri laga lewat skor akhir sama kuat 0-0. Atas hasil tersebut kedua tim berhak atas tambahan masing-masing satu poin.

Akan tetapi, meski kedua tim berhasil main sama kuat dan rela berbagi angka, pertandingan dengan label Super Big Match ini diwarnai berbagai insiden. Terbukti dengan lahirnya delapan kartu kuning di laga tersebut. 

Delapan kartu kuning tersebut empat diantaranya menjadi milik Persija Jakarta dan empat kartu kuning sisanya menjadi milik PSM Makassar.

Kerasnya pertandingan memaksa Persija Jakarta membuka kartu kuning pertama lewat Rezaldi Hehanusa di menit ke-12, usai sang pemain melakukan pelanggaran terhadap Zulham Zamrun.

Memasuki menit ke-33 giliran PSM Makassar yang mendapat kartu kuning setelah M. Rahmat melakukan halauan terhadap tendangan gawang yang dilakukan oleh Sahar Ginanjar.

Di menit ke-41, PSM Makassar menyalip Persija Jakarta dalam perolehan kartu kuning di laga ini. Benny Wahyudi yang tidak mampu menghadang gerakan tipuan Riko Simanjuntak terpaksa menjatuhkan lawannya tersebut dan diganjar kartu kuning oleh wasit.

Kemudian pada saat laga memasuki babak kedua, tepatnya di menit ke-71, PSM menambah pundi-pundi perolehan kartu kuning. Kali ni menimpa pemain muda terbaik Piala Indonesia 2018, Asnawi Mangkualam, setelah menjatuhkan Riko Simanjuntak.

Selanjutnya di menit ke-82 Hasim Kipuw yang masuk menggantikan Benny Wahyudi juga diganjar kartu kuning karena melakukan pelanggaran tidak perlu. Kipuw menunda lemparan kedalam PSM dengan melakukan aksi minum air di tepi lapangan.

Tepat di menit ke-90 menjadi giliran Bambang Pamungkas yang mendapat kartu kuning karena melakukan pelanggaran keras terhadap Marc Klok. Satu menit berselang, pemain terbaik Liga 1 musim lalu, Rohit Chand, yang diganjar kartu kuning setelah melanggar Wiljan Pluim.

Kartu kuning penutup menjadi milik Riko Simanjuntak yang melakukan diving setelah kalah duel dari Asnawi Mangkualam Bahar di sisi kanan lapangan PSM Makassar.

Perolehan kartu di laga ini berpeluang menjadi laga dengan kartu kuning terbanyak di sepanjang kampanye musim Shopee Liga 1 2019 ini.

Penulis: Widyawan Setiadi
Editor: Wardi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *