Canggih! Inilah Spesifiksi Mercedes-Benz S600 Guard, Calon Mobil Jokowi

BERITAMAKASSAR.com — Pemerintah Republik Indonesia (RI) bakal mengganti mobil dinas Presiden RI Joko Widodo (RI). Mercedes-Benz S600 Guard dipilih sebagai mobil dinas baru Jokowi mengganti Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang lama, mobil dinas sejak era Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal tersebut telah diumumkan oleh Kementerian Sekretariat Negara RI. “Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan,” tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara RI.

Sebagai mobil dinas orang nomor 01 Indonesia, tentu memiliki kecanggihan dan tingkat keamanan di atas rata-rata mobil lainnya. Dikutip dari berbagai sumber,  S600 Guard adalah jenis sedan dengan tingkat perlindungan tertinggi untuk spesifikasi kendaraan non-militer.

S600 Guard dapat melindungi penumpangnya dari serangan senapan mesin dan senjata serbu karena memiliki sertifikat VR10. Kacanya dipercaya dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm karena terbuat dari polikarbonat yang tebal.

Bahkan, S600 Guard tahan dari ledakan bom karena telah memiliki sertifikasi ERV 2010 yang menjadikannya sebagai kendaraan yang tahan ledakan. Kabarnya, mobil tersebut dirancang dengan pertahanan khusus dari sisi kiri, kanan, bawah dan atas yang membuat penumpangnya aman dari serangan bom.

Selain itu,  S600 Guard dilengkapi mesin berkapasitas 6,0 liter V12 Biturbo. Memiliki tenaga 537 Tk dan torsi 830 Nm dengan penggerak belakang. Mobil ini juga menggunakan transmisi otomatis 7-percepatan dan memiliki kapasitas tangki 80 liter. Pun, Mercedes-Benz S600 Guard memiliki panjang 5.453 mm, lebar 1.899 mm, tinggi 1.498 mm serta wheelbase 3.365 mm.

Penulis: Muhajir MA
Editor: Muhammad Usri Yusran

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Muhajir MA

Hobi membeli buku namun malas membaca. Menyukai sastra, film, dan filsafat. Membenci kuliah namun akhirnya menjadi mahasiswa pascasarjana di UNM. Kuli tinta. Orangnya rumit, tukang mikir. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @muhajir_m.a