Harimau “Putra Singgulung” Dievakuasi, Warga Diminta Tetap Waspada karena Masih Ada Seekor Lagi Berkeliaran

Kubung – Harimau Sumatra atau “Pantera tigris sumatrae” yang masuk perangkap (trap box) di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok dievakuasi ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatra Dharmasraya (PR-HSD) Dharmasraya, hari ini (29/6/2020).

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Solok Afrilius mengatakan evakuasi baru bisa dilakukan hari ini karena Minggu (28/6/2020) dokter hewan tidak bisa datang.

“Kemarin kami menunggu dokter hewan tidak datang maka evakuasi baru bisa dilaksanakan pagi ini setelah dokter dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatra Dharmasraya datang,” katanya kepada Padangkita.com, Senin (29/6/2020).

Ia menjelaskan harimau yang masuk perangkap dibawa dari lokasi menuju kantor wali nagari Gantung Ciri, setelah itu dibaru ke PR-HSD di Dharmasraya.

Setelah dipastikan oleh dokter hewan, ternyata harimau yang baru tertangkap ini berjenis kelamin jantan, berusia sekitar satu tahun dan dalam kondisi sehat. Harimau ini pun diberi nama “Putra Singgulung”. Sebelumnya diberitakan, harimau tersebut diduga berjenis kelamin betina dan sudah menjadi induk.

Pada Sabtu (13/6/2020) lalu juga telah masuk perangkap seekor Harimau Sumatra. Harimau berusia 1,5 tahun yang berjenis kelamin betina dan diberi nama “Putri Singgulung” itu telah dibawa ke PR-HSD Dharmasraya.

“Diduga masih ada satu lagi harimau yang diduga induknya di dalam hutan,” ujar Afrilius.

Oleh karena itu, ia menyatakan masih akan melakukan evaluasi apakah akan masih memasang “trap box” atau melakukan pengusiran secara manual.

Afrilius meminta kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak mendekat ke lokasi pemasangan “trap box” dan meminta kepada warga untuk mengandangkan hewan-hewan ternak miliknya masing-masing. [and/pkt]

sumber : padangkita.com

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Muhammad Muzayyin

Bernama lengkap Muhammad Muzayyin akrab di sapa khiqin, rutinitas sebagai pelatih basketball dan mengumpul berbagai artikel. Follow akun IG saya di khiqin09