Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Kakanwil Buka Rapat Pemantapan Pemulangan Jamaah Haji Embarkasi Makassar

  • Share

BERITAMAKASSAR.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar membuka Rapat Pemantapan Pemulangan Jamaah Haji Embarkasi Makassar di Aula Haji Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (15/8/2019).

Plt Kabid Haji H Natsir yang juga Kabid Urais memimpin Rapat yang dihadiri seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten se Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang, Perwakilan Polda Sulsel, Petugas Imigrasi Sulawesi Selatan, Pihak Maskapai Garuda, Petugas Bea Cukai, Otoritas Bandara, dan seluruh panitia Pemulangan Embarkasi Makassar.

Kakanwil dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana karena proses Embarkasi kemarin berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

“Tanggal 18 nantinya akan dimulai proses Debarkasi yang sekarang harus dibicarakan,” ungkapnya.

Beberapa hal yang digarisbawahi oleh Anwar terkait beberapa masalah yang setiap tahun menjadi kendala diantaranya terkait keluarga yang menjemput jamaah haji di asrama haji.

H Anwar juga mengungkapkan kepada seluruh panitia agar memperhatikan jumlah air zamzam yang dibawah ke daerah masing-masing agar tidak terjadi kekurangan jumlah. Selain itu juga terkait dengan barang bawaan jamaah haji perlu dipahami prosesnya.

Diakhir sambutannya H Anwar memohon keaktifan para panitia pemulangan masing-masing untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan juga meminta membantu menjawab soal hoax banjir yang tersebar di media sosial tentang banjir yang terjadi di Mekah. 

“Sudah tiga hari ini saya harus menjawab whatsapp dari keluarga jamaah haji tentang hoax itu dan tolong bantu informasikan karena banyak video banjir yang sebenarnya video itu adalah video beberapa tahun lalu,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut pimpinan Rapat H Natsir memberikan kesempatan kepada beberapa instansi untuk memaparkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan atau dibutuhkan dalam proses pemulangan jamaah haji. Perwakilan Garuda Airlines mengungkapkan bahwa hingga saat ini jadwal pemulangan masih On Schedule karena pesawat yang menjemput jamaah haji saat ini berada di Kota Madrid dan langsung menuju ke Madinah utuk menjemput Jamaah haji.

Selain itu Otoritas Bandara, Winarto  juga mengungkapkan bahwa Air Seat Bus dan Aula Arafah harap disterilkan yang merupakan tempat paling secure karena masih termassuk international area. “Sampai di Aula Arafah jamaah masih harus diperiksa karena datang dari perjalanan intrenasional sehingga untuk mempercepat pemeriksaan para jamaah kami harapkan tidak ada yang bisa masuk di dua tempat tersebut  kecuali otoritas bandara dan petugas yang mendapat idCard khusus dari kanwil.

Pihak bea cukai pun turut berbicara dalam persiapan pemulangan jamaah haji.

“Secara Kepabeanan kita lebih konsesn pemulangan dari pada embarkasi kemarin jadi kami sama dengan pihak otoritas bandara untuk mensterilkan aula bagasi dan aula penerimaan agar dapat dengan cepat melaksanakan tugas pemeriksaan kepada para jamaah haji,” terangnya. 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *