Febri Diansyah Buka-bukaan Honor Jadi Pengacara SYL Cs Rp800 Juta

Febri Diansyah Buka-bukaan Honor Jadi Pengacara SYL Cs Rp800 Juta

BeritaMakassar.com – JAKARTA – Advokat yang digunakan juga mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengaku menerima penghargaan Rp800 jt pada waktu menjadi pengacara mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hal itu ia ungkapkan ketika menjadi saksi di sidang dugaan pemerasan juga gratifikasi di area lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) dengan terdakwa SYL lalu dua anak buahnya.

Diketahui, Febri sempat menjadi pengacara SYL ketika kasusnya masih di proses penyelidikan. Honor beratus-ratus jt itu terungkap ketika Hakim Anggota Fahzal Hendri menanyakan Febri persoalan penghargaan yang digunakan ia terima pada waktu menjadi pengacara SYL.

“Berapa menerima honor?” tanya Hakim Fahzal di dalam Ruang Sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Hari Senin (3/6/2024).

“Honorarium itu kami bagi Yang Mulia, izin menjelaskan. Satu, pada tahap penyelidikan kami menerima honorarium ini mengacu Pasal 21 UU advokat berdasarkan kesepakatan pada ketika itu,” jawab Saksi.

Tidak puas dengan jawaban tersebut, Hakim Fahzal kembali melemparkan pertanyaan perihal honor. “Berapa nilainya?” tanya Hakim Fahzal.

“Apakah tepat saya komunikasikan pada di tempat ini Yang Mulia?” jawab Febri pada waktu diminta menyebutkan nominal honornya.

Hakim Fahzal pun kemudian menjelaskan mengapa Febri harus menjawab pertanyaan tersebut. Menurutnya, hal itu sebagaimana diatur di Pasal 165 ayat 1 KUHAP.

“Karena kalau penuntut umum yang dimaksud tanya ndak perlu Pak Febri jawab, penasihat hukum yang mana tanya ndak perlu dijawab. Tapi kalau Hakim yang tersebut tanya harus dijawab, apa dasarnya? Dasarnya Pasal 165 ayat 1 KUHAP. Hakim apa hanya boleh ditanyakan untuk saksi,” ujar Hakim Fahzal menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *