Berita  

Proyek Jalan Bypass Mamminasata Ditargetkan Rampung Hanya 3,9 Km di 2024

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melanjutkan pembangunan proyek Jalan Bypass Mamminasata yang mandek sejak 2018. Namun proyek Bypass tahap 1 sepanjang 13,75 kilometer yang pengerjaannya dibagi 4 segmen ditargetkan hanya rampung 3,9 kilometer di 2024.

“Segmen 1 dan segmen 2 diproyeksikan selesai pada tahun 2024 sepanjang 3,9 kilometer. Nilai anggarannya Rp 139,7 miliar,” ungkap Kepala BBPJN Sulsel, Reiza Setiawan.

Reiza menuturkan untuk kelanjutan pengerjaan segmen 3 dan 4 masih akan dievaluasi lebih lanjut. Ini lantaran saat ini yang diprioritaskan untuk dituntaskan segmen 1 segmen 2 yang saat ini sudah dalam proses lelang.

“Saat ini diutamakan segmen 1 dan 2 yang mencukupi waktunya untuk diselesaikan sampai tahun 2024,” jelasnya.

Segmen 1 sepanjang 2,625 kilometer akan menghubungkan Jalan Poros Maros-Pangkep (Jalan Nasional) dengan Jalan Poros Maros-Bone (Jalan Nasional). Jalur ini akan melewati jembatan Sungai Irigasi.

Kemudian sisanya untuk segmen 2 sepanjang 1,275 kilometer menghubungkan Jalan Poros Maros-Bone ke Jalan Bambu Runcing, Maros yang merupakan jalan kabupaten dengan satu pengerjaan proyek jembatan sungai Maros.

“Jadi setelah selesai, segmen 1 dan 2 langsung bisa dilalui oleh masyarakat tanpa menunggu selesai semua segmen,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan BBPJN Sulsel, Sutrianto YHS menuturkan proyek jalan Bypass ini dilanjutkan setelah sebelumnya terkendala pembebasan lahan. Pihaknya saat ini mengejar untuk menyelesaikan segmen 1 dan segmen 2.

“Saat ini ada yang sudah terbangun, jadi dua arah (jalur). Saat ini lebarnya itu 6 meter satu arah. Arah berikutnya 6 meter juga,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *