Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

SBY selesai operasi kanker prostat dan lanjut pemulihan di AS

  • Share



Alhamdulilah, puji syukur kepada Allah SWT, operasi berjalan dengan lancar. Bapak SBY dalam kondisi yang stabil

Jakarta (ANTARA) – Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah selesai menjalani operasi kanker prostat dan saat ini ia masih dirawat untuk pemulihan di salah satu RS dalam kompleks Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat.

“Pada hari Kamis, 11 November 2021 pukul 07.45 waktu Rochester, Bapak SBY melaksanakan tindakan operasi atas kondisi kesehatannya di RS Mayo Clinic. Kurang lebih pukul 10.00, operasi dinyatakan selesai,” kata anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Operasi berjalan selama kurang lebih dua jam. Tim dokter menyampaikan operasi berjalan lancar dan kondisi SBY stabil.

“Alhamdulilah, puji syukur kepada Allah SWT, operasi berjalan dengan lancar. Bapak SBY dalam kondisi yang stabil,” kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Usai menjalani operasi, SBY kemudian dirawat di RS St Marys, rumah sakit yang masih berada di dalam kompleks Mayo Clinic Rochester.

Baca juga: AHY temani SBY obati kanker di AS, sebut kondisi ayahnya stabil

Baca juga: SBY didiagnosis idap kanker prostat dan akan berobat ke luar negeri

SBY, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, dibawa ke St Marys menggunakan ambulans. Dalam perjalanan itu, AHY turut mendampingi ayahnya.

Dalam siaran yang sama, AHY turut menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas perhatian dan doa yang diberikan kepada SBY.

“Atas nama keluarga besar Yudhoyono, saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu dan saudara-saudara masyarakat Indonesia atas simpati dan doa baiknya untuk kesembuhan Bapak SBY,” kata AHY.

Agus Harimurti pun meminta masyarakat terus mendoakan SBY agar cepat pulih sehingga ia dapat beraktivitas seperti biasa.

“Semoga Bapak SBY segera pulih dalam proses masa perawatan pascaoperasi ini, dan kembali beraktivitas bersama kita,” ujar AHY.

Tidak hanya AHY, putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, juga mendampingi ayahnya menjalani operasi di Mayo Clinic Rochester, AS.

Di samping AHY dan Ibas, sahabat SBY yang pernah menjabat sebagai Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto bersama istrinya juga turut menemani Presiden Keenam RI itu menjalani perawatan di Mayo Clinic Rochester.

Mayo Clinic merupakan rumah sakit dan lembaga non-profit yang memadukan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Kampus dan rumah sakit utama Mayo Clinic tersebar di beberapa negara bagian di AS, di antaranya Rochester, Minnesota; Scottsdale dan Phoenix di Arizona; dan Jacksonville di Florida.

Mayo Clinic merupakan salah satu tempat perawatan dan riset kanker prostat ternama di dunia.

SBY sekitar awal bulan ini didiagnosa oleh tim dokter mengidap kanker prostat stadium awal. Tim dokter yang merawat SBY di Indonesia pun merekomendasikan ia dirawat di Mayo Clinic.

Usai mendapat rekomendasi itu, SBY melaporkan rencananya berobat ke luar negeri kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden mendukung dan memerintahkan Tim Dokter Kepresidenan turut mendampingi pengobatan SBY di Rochester, Amerika Serikat.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *