Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Menkominfo ajak pekerja humas kreatif ciptakan konten digital

  • Share



Jakarta (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate mengajak para pekerja hubungan masyarakat (humas) serta informasi publik bisa kreatif menciptakan konten digital mengikuti tren masa kini.

Hal itu bertujuan agar setiap informasi publik yang disebarkan tidak hanya menjangkau satu generasi tapi juga lintas generasi mulai dari generasi Baby Boomers hingga generasi Alpha.

“Agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam,” ujar Johnny dalam Anugerah Media Kehumasan (AMH) 2021 seperti dikutip dalam keterangannya, Jumat.

Di era digital, Humas berperan tidak hanya membuat konten tulisan tapi juga membuat konten visual hingga grafis yang harus mampu menarik hati masyarakat seperti infografis, video pendek, bahkan menyentuh fitur virtual reality.

Baca juga: Kominfo dukung independensi jurnalis TV Indonesia

Untuk itu inovasi dan kreativitas harus terus dilakukan serta diasah agar masyarakat bisa menyukai bahkan mengikuti pesan yang dibagikan oleh para humas terkhusus humas di jajaran pemerintah.

Ajakan itu pun berkaca pada data bahwa kini ruang digital dikuasai oleh generasi muda yaitu milenial dan generasi Z.

Kedua generasi muda itu menghabiskan waktu yang lama untuk melihat lini media sosial mulai dari YouTube, Facebook, hingga Instagram.

“Dengan semakin beragamnya kelompok sasaran yang berpartisipasi di ruang digital, semakin besar juga ruang kreativitas bagi humas dalam berkarya,” ujarnya.

Dari segi kehumasan di badan pemerintah, Johnny berpendapat bahwa humas merupakan instrumen vital untuk menyukseskan kebijakan hingga program pemerintah terkhusus dalam penanganan COVID-19 di era pandemi.

Dengan kinerja yang adaptif dan responsif, humas pemerintah berperan mengorkestrasi dengan baik pesan- pesan positif untuk masyarakat sehingga penanganan pandemi COVID-19 menjadi optimal di setiap daerah di Tanah Air.

Johnny pun mengapresiasi kinerja para humas di seluruh jajaran pemerintah mulai dari pusat hingga daerah karena bersinergi menghasilkan karya terbaik meski di masa sulit.

“Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Insan Humas pemerintah baik dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD hingga Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia,” kata Johnny.

Baca juga: Kominfo dan Dubes Portugal bahas peluang kemitraan olahraga dan wisata

Baca juga: Menkominfo bahas kerja sama di bidang TIK dengan Dubes Portugal

Baca juga: Masyarakat diminta tak lengah cegah gelombang baru COVID-19

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *