Jokowi Teken Aturan Mobil Listrik, Ini Daftar Mobil Listrik yang Siap Mengaspal

BERITAMAKASSAR.com — Angin segar buat industri otomotif di Indonesia. Ternyata Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menandatangani peraturan presiden (perpres) tentang percepatan pengembangan mobil listrik. Di sisi lain ternyata sejumlah pabrikan telah memperkenalkan produk mobil listriknya. Siapa-siapa saja pabrikan yang telah memperkenalkan mobil listriknya di Indonesia?

Pertama, DFKS. Pada gelaran GIIAS di ICE BSD baru-baru ini di Tengerang, pabrikan asal Cina itu memperkenalkan DFSK Glory E3 yang merupakan salah satu mobil listriknya. Dalam siaran pers DFSK beberapa waktu lalu, DFSK Glory E3 sudah diproduksi secara massal di Tiongkok, dan sudah mulai dijual di negeri asalnya semenjak kuartal pertama 2019. Belum diketahui kapan DFSK menjual mobil listriknya di Indonesia. Namun, keseriusan DFSK dalam merancang Glory E3 memberi sinyal jika merk tersebut sudah siap menghadirkan mobil listrik ke konsumen.

“Sejak tahun 2016, DFSK sudah melakukan riset kendaraan listrik dan memiliki fasilitas Research and Development (R&D) yang berbasis di Silicon Valley Amerika Serikat juga merekrut berbagai ahli kelas dunia serta mendirikan SERES Automotive Company yang berfokus pada pengembengan dan penelitian kendaraan energi baru. DFSK juga telah mendaftarkan dan memperoleh lebih dari 1000 paten AS untuk sejumlah teknologi inti seperti baterai, mesin, dan kontrol elektronik kendaraan,” kata Managing Director of Sales Centre of PT Sokonindo Automobile, Franz Wang.

Pabrikan asal Jerman, BMW juga telah memperkenalkan mobil listrik, BMW i3 di Indonesia pada gelaran GIIAS baru-baru ini. Sebenarnya BMW i3 sudah pernah dipamerkan di Indonesia pada GIIAS 2017 lalu. Namun kembali diperkenalkan di GIIAS tahun ini. BMW bahkan sudah mulai menjual mobil listriknya itu di GIIAS.

Selanjutnya ada Nissan yang telah memperkenalkan mobil listriknya di GIIAS 2019 lalu. Nissan memboyong Nissan Leaf, dan dikabarkan mulai dijual pada tahun 2020 nanti. Toyota pun sudah memperkenalkan mobil listriknya, Toyota Prirus PHEV di GIIAS 2019 lalu. Bahkan, mobil sedan ini digadang-gadang dijual dengan harga di bawah 1 miliar rupiah. Toyota Astra Motor (TAM) sisa menunggu restu dari prinsipal untuk memboyong Prius PHEV ke Indonesia. 

Penulis : Muhajir MA
Editor : Nurlaila Yahya

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Muhajir MA

Hobi membeli buku namun malas membaca. Menyukai sastra, film, dan filsafat. Membenci kuliah namun akhirnya menjadi mahasiswa pascasarjana di UNM. Kuli tinta. Orangnya rumit, tukang mikir. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @muhajir_m.a