Ekonomi Sulsel Semester 1 Tumbuh 7,01%

BERITAMAKASSAR.com — Kabar baik datang dari provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Berdasarkan informasi dari berita resmi statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel yang dirilis pada Senin, 5 Agustus 2019, ekonomi Sulsel di semester 1 tahun 2019 ini naik sebesar 7,01% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

Setelah di telisik, ternyata pertumbuhan ekonomi Sulsel disokong oleh hampir semua bidang usaha. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh informasi dan komunikasi sebesar 13,19% diikuti oleh administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 12,16%, dan jasa lainnya sebesar 10,77%.

Adapun jika dilihat dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT (PK-LNPRT) yang tumbuh sebesar 45,04%. Disusul Komponen PK-P yang tumbuh sebesar 14,44%, kemudian komponen PK-RT sebesar 7,13%.

Meski dilihat dari perbandingan triwulan II tahun 2019 dan triwulan II tahun 2018, ekonomi Sulsel tetap meningkat. Di triwulan II tahun 2019 ini,  ekonomi Sulsel tumbuh 7,46% dinanding periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan didukung oleh hampir semua lapangan usaha kecuali Transportasi dan Pergudangan serta Jasa Keuangan dan Asuransi. 

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Informasi dan Komuniasi sebesar 13,24% diikuti oleh Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib yang tumbuh sebesar 12,64%  dan Industri Pengolahan yang tumbuh sebesar 11,26%.

Penulis : Muhajir MA
Editor : Ila Yahya

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Muhajir MA

Hobi membeli buku namun malas membaca. Menyukai sastra, film, dan filsafat. Membenci kuliah namun akhirnya menjadi mahasiswa pascasarjana di UNM. Kuli tinta. Orangnya rumit, tukang mikir. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @muhajir_m.a