Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

BI Sulsel Gelar Ekspedisi Kas Keliling, Sasar Enam Pulau

  • Share

BERITAMAKASSAR.com — Sebagai bank sentral Republik Indonesia, Bank Indonesia (BI) bertanggungjawab memenuhi kebutuhan masyarakat dengan uang rupiah yang cukup, pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi layak edar. Atas dasar itu, BI perlu melakukan kegiatan yang bersifat clean money policy.

Diketahui ada banyak program BI untuk menjaga jumlah uang yang beredar dan dalam kondisi layak edar. Salah satunya adalah dengan melakukan kas keliling. Biasanya kas keliling dilakukan BI di pusat-pusat keramaian. Namun, sekadar diketahui kas keliling BI juga berfungsi untuk menyentuh wilayah Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T) Indonesia guna menjamin uang layak edar di masyarakat pelosok.

KPw BI Prov. Sulsel sendiri sudah menjalankan layanan kas keliling sejak tahun 2016 hingga 2018 guna memberi pelayanan bagi masyarakat 3T. Pada 2019 ini, BI Sulsel, dibantu oleh TNI AL, kembali menyelenggarakan kas keliling khusus di Pulau Tanakeke (Wilayah Kab. Takalar), Pulau Liukang Loe (Wilayah Kab. Bulukumba), Pulau-pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Sembilan di Kab. Sinjai seperti Pulau Burung Leo, Pulau Kambuno, Pulau Batanglempe dan Pulau Kanalo II.

KRI Layaran 854, kapal yang melakukan ekspedisi kas keliling telah memulai perjalanannya pada Selasa, 30 Juli yang lalu,  yang sekaligus menjadi momen pelepasan kapal menuju ekspedisi kas keliling ke pulau 3T. Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso dalam sambutannya saat pelepasan kapal kas keliling merasa berterimakasih kepada Wadan selaku Lantamal VI, Kolonel (Laut) Pelaut Suratun, beserta seluruh jajarannya.

Karena selama ini telah membantu BI Sulsel dalam mengakomodir kegiatan pelepasan ekspedisi ini, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada kendala yang berarti. “Mudah- mudahan kita dapat senantiasa bekerjasama dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang berada di wilayah kepulauan Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Bambang pun menitipkan seluruh tim ekspedisi layanan kas kepada Mayor Laut Indarso, Selaku Komandan KRI LAYARAN 854. Dengan harap, dukungan Indarso dan seluruh kru KRI LAYARAN 854,  membantu berjalannya seluruh tahapan kegiatan dengan baik. “Sehingga dampak dan manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat kepulauan,” tandasnya. 

Penulis : Muhajir MA
Editor : Wardi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *