Pendalaman Nilai Dasar Pancasila, HMJ PPKn UNM Gelar LDKM

BERITAMAKASSAR.com — Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar (HMJ PPKn FIS UNM) menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), bertempat di Kampus UNM Gunung Sari, Jum’at – Minggu, ( 6-8 September 2019). 

Mengangkat tema “Membentuk kader yang berintegritas dan berdedikasi dengan berlandaskan Pancasila,” kegiatan ini diikuti kurang lebih 70 mahasiswa baru Jurusan PPkn.

Berlangsung selama tiga hari, Rahmat Riadi selaku Ketua panitia LDKM mengungkapkan jika latihan dasar yang diselenggarakan diharapkan mampumembina dan mengembangkan potensi kreatif mahasiswa agar memiliki kesadaran untuk proses paripurna sekaligus syarat menjadi pengurus HMJ PPKn FIS UNM kedepan. 

“Kegiatan ini memiliki semangat kepemimpinan yang rasional hingga kami mengusahakan semaksimal mungkin tidak adanya kekerasan fisik,” ujar Rahmat.

Ia menambahkan bahwa nantinya peserta disuguhkan beberapa materi seperti kepemimpinan, metode persidangan, identitas mahasiswa, kerangka berpikir Ilmiah, filsafat pancasila dan materi lain yang dianggap relevan dengan pembinaan kepemimpinan tingkat dasar mahasiswa baru PPKn FIS UNM. 

Di kesempatan yang berbeda, Ketua Jurusan (Kajur) PPKn FIS UNM, Dr Imam Suyitno dalam acara pembukaan mendukung penuh kegiatan tersebut. 

Hal itu ditegaskannya mengingat latihan dasar yang diselenggarakan merupakan perwujudan sinergitas Jurusan dengan HMJ.

Penulis: Karman Kurniawan
Editor: Muhammad Usri Yusran

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Karman Kurniawan

Bernama lengkap Karman Kurniawan akrab disapa Maman, rutinitas menulis kumpulan essai, opini kritik dan Naskah Jurnalistik. Follow akun IG saya di @karman_kurniawan