Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Sandiaga Uno: Masyarakat bisa berwisata asal tetap patuh prokes

  • Share



Silakan berkegiatan pariwisata dengan bertanggung jawab

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) Sandiaga Salahuddin Uno mempersilakan warga berwisata menikmati libur Tahun Baru 2022, asalkan tetap patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna meminimalisasi potensi penularan COVID-19.

“Silakan berkegiatan pariwisata dengan bertanggung jawab,” katanya saat meninjau wisata di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu.

Saat meninjau Ancol, ia mengaku puas atas penerapan prokes yang dilakukan pengelola. Pengelola melakukan penyaringan (skrinning) baik sejak di pintu masuk kedatangan hingga di dalam area wisata/bermain.

Dari data yang diperolehnya, pada libur Natal tercatat sekitar 18 ribu wisatawan yang mengunjungi Ancol. Sementara pada Sabtu, sekitar 8 ribu pengujung memadati kawasan wisata tersebut.

Pengelola sengaja membatasi jumlah pengunjung agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan. Di samping itu, jam operasional hanya sampai pukul 14.00 WIB.

Sandiaga mengatakan melihat antusias masyarakat berkunjung ke Ancol saat libur Natal dan tahun baru 2022 menjadi sinyal kebangkitan pariwisata di tengah pandemi.

“Kita ingin mengingatkan masih di tengah pandemi. Jadi Prokes diperhatikan dan tadi saya melihat aplikasi PeduliLindunginya dipatuhi secara terintegrasi,” katanya.

Menurutnya, destinasi-destinasi wisata yang patuh terhadap Prokes dapat memperluas pelayanannya, namun kehati-hatian dan kewaspadaan mesti tetap di kedepankan.

Di samping itu, dalam pengelolaan tempat pariwisata diperlukan terobosan baru dan jangan menerapkan cara-cara yang lama. Perlu inovasi baru agar penularan COVID-19 dapat terus ditekan dan sektor-sektor perekonomian dapat berjalan beriringan.

“Kuncinya adalah penerapan kenormalan baru dalam kegiatan kita. Saya ingatkan bahwa terkendalinya pandemi berarti pulihnya ekonomi. Dan formulanya itu kalau kita taat dan patuh terhadap Prokes, angka penularan kasus baru bisa ditekan dan kita bisa berkegiatan dengan kewaspadaan,” demikian Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Menparekraf ajak seluruh pihak jaga prokes demi kebangkitan pariwisata

Baca juga: Menparekraf ke bandara pantau penerapan prokes

Baca juga: Menparekraf ajak dalang perkuat pesan prokes lewat cerita wayang

Baca juga: Menparekraf: Pariwisata bisa bangkit jika protokol kesehatan dipatuhi

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *