Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Wapres minta pemda waspada Omicron

  • Share



Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta seluruh pemerintah daerah untuk melakukan persiapan dengan meningkatkan kewaspadaan terkait masuknya varian baru SARS-CoV-2 jenis B.1.1.529 atau Omicron.

“Kita harus waspada ya, sejak awal kita sudah wanti-wanti bahwa kita jangan sampai seperti negara-negara lain, Eropa, bahkan juga India, juga Singapura; semuanya itu kami tutup, jangan sampai masuk ke sini (Indonesia). Nah, ini berarti ada,” kata Wapres di Surabaya, Kamis.

Wapres mengingatkan kepada seluruh jajaran pemda untuk segera melakukan langkah antisipatif supaya varian tersebut tidak menyebar ke masyarakat di seluruh daerah.

Baca juga: Wapres minta pengetatan pintu masuk untuk cegah Omicron

Selain itu, Wapres juga meminta percepatan vaksinasi kepada seluruh masyarakat di daerah.

“Semua pemda harus melakukan penyiapan untuk pencegahannya. Jangan sampai masuk ke daerah-daerah, antisipasi. Kita tidak ingin seperti (penularan varian) Delta lagi, vaksinasi terus disegerakan, dipercepat untuk masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada satu kasus varian Omicron dan lima kasus probable terdeteksi di fasilitas karantina di Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta.

Baca juga: Kasus Omicron pertama di Indonesia terjadi di Wisma Atlet Jakarta

“Kasus Omicron yang sudah kami konfirmasi satu dan lima kasus probable, itu terjadi di karantina,” kata Budi Gunadi di Jakarta, Kamis.

Satu kasus Omicron terdeteksi di seorang petugas RS Wisma Atlet yang tidak melakukan perjalanan dari luar negeri. Sementara dua orang suspek Omicron terdeteksi pada warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

Sementara tiga orang suspek lainnya merupakan warga negara asing (WNA) asal China yang melakukan kunjungan ke Manado, Sulawesi Utara.

Baca juga: Kemenkes deteksi lima kasus probable Omicron di Indonesia

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *