Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Satgas: WHO beri target COVID-19 selesai tahun depan

  • Share



pandemi ini seharusnya melengkapi kita dengan kemampuan mengakhiri pandemi

Jakarta (ANTARA) – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menargetkan COVID-19 di seluruh dunia selesai pada 2022 kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Wiku Adisasmito.

“WHO menargetkan COVID-19 untuk selesai di tahun 2022, mengingat perjalanan dunia selama dua tahun terakhir menghadapi pandemi ini seharusnya melengkapi kita dengan strategi serta kemampuan untuk mengakhiri pandemi,” kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang diikuti dari YouTube BNPB di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan Indonesia sebagai bagian dari masyarakat global juga berharap perjuangan melawan COVID-19 dapat semakin disikapi sebagai perjuangan global mulai 2022.

Salah satu cara utama mengakhiri pandemi, kata Wiku, adalah dengan memastikan vaksinasi diterima merata oleh seluruh negara di dunia dengan target 70 persen populasi dunia telah menerima vaksin COVID-19.

Baca juga: Indonesia, EU, WHO sepakat tingkatkan kerja sama tangani COVID-19

Baca juga: WHO luncurkan Dewan Pemuda sebagai influencer kesehatan kalangan muda

“Pada pertengahan 2022 target vaksinasi ini membawa tantangan tersendiri karena di tahun ini nasionalisme vaksin masih ada dan menyebabkan distribusi vaksin tidak berkeadilan,” katanya.

Mengingat hal tersebut, kata Wiku, Indonesia berharap bahwa tantangan ini dapat diatasi dengan cepat dan tanggap utamanya oleh negara-negara maju yang memiliki akses serta sumberdaya vaksinasi yang jauh lebih memadai.

Ia mengatakan seluruh bagian dari masyarakat global dapat bekerja sama dengan menjunjung rasa kemanusiaan agar perjuangan global melawan COVID-19 dapat dimenangkan di tahun 2022.

“Mati kita sambut 2022 dengan doa dan harapan bahwa di tahun mendatang kasus COVID-19 di Indonesia dan dunia dapat semakin terkendali,” katanya.

Baca juga: Wapres: Pandemi segera berakhir Jika semua taat prokes dan vaksinasi

Baca juga: Momentum perkembangan positif penanganan pandemi harus dijaga

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *