Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Menkes imbau masyarakat tidak lakukan perjalanan ke luar negeri

  • Share



Indonesia, negara yang jauh lebih aman

Jakarta (ANTARA) – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri selama rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru guna mengantisipasi importasi varian baru COVID-19.

“Tolong liburan ini isi waktunya di dalam negeri. Tidak perlu ke luar negeri. Indonesia, negara yang jauh lebih aman dibandingkan dengan banyak negara lain di luar,” kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers perkembangan COVID-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis siang.

Budi mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga keselamatan keluarga, tetangga dan seluruh rakyat Indonesia dengan mengurangi perjalanan ke luar negeri selama tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Ia mengatakan kedatangan varian baru COVID-19 dari luar negeri yang berhasil teridentifikasi di karantina Wisma Atlet menunjukkan bahwa sistem pertahanan Indonesia terhadap importasi kasus berjalan cukup baik.

“Jadi wajarlah, kalau harus tinggal sepuluh hari di karantina. Karena bukan untuk mempersulit orang yang datang, tapi untuk melindungi 270 juta rakyat kita,” katanya.

Baca juga: Kasus Omicron pertama di Indonesia terjadi di Wisma Atlet Jakarta

Budi menambahkan perayaan Natal dan Tahun Baru di dalam negeri juga perlu diiringi dengan sikap patuh pada prokes, survailens lakukan vaksinasi lebih cepat dan tidak perlu ke luar negeri.

Budi mengatakan kasus konfirmasi Omicron telah terjadi di Indonesia. Seorang petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) berinisial N dilaporkan positif terjangkit COVID-19 jenis Omicron berdasarkan laporan pemeriksaan genom sekuensing pada 15 Desember 2021.

Kemenkes telah mendeteksi lima kasus probable Omicron yang melibatkan pelaku perjalanan internasional dari warga negara Indonesia serta asing.

Dua kasus dialami WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Keduanya sedang menjalani isolasi di Wisma Atlet. Tiga kasus probable lainnya WNA asal China yang berkunjung ke Manado dan sekarang dikarantina di Manado.

Baca juga: Kemenkes deteksi lima kasus probable Omicron di Indonesia

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *