Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Hujan lebat diprakirakan mengguyur sebagian besar provinsi

  • Share



Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir berpotensi meliputi sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis.

​​​​Menurut informasi prakiraan cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, wilayah provinsi yang menghadapi potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir antara lain Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, serta Papua juga diprakirakan menghadapi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Hujan dengan intensitas yang lebih ringan diprakirakan terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Maluku Utara.

Di DKI Jakarta, hujan yang dapat disertai petir berpotensi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara pada siang hari. Wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara diprakirakan menghadapi hujan pada malam hari. Di Kepulauan Seribu, hujan ringan berpotensi terjadi pada siang dan malam hari.

BMKG menyatakan bahwa wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten statusnya siaga menghadapi banjir akibat hujan pada Kamis.

Sedangkan Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua tergolong wilayah yang statusnya waspada banjir.

Baca juga:

Lima daerah di Bangka Belitung siaga menghadapi banjir

BMKG permudah mitigasi rob dengan kalender pasang surut

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *