Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Wapres buka Peparnas XVI di Stadion Mandala Jayapura

  • Share



Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat malam.

Wapres Ma’ruf didampingi Wury Estu Handayani tiba di Stadion Mandala pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB, dengan mengenakan jaket olahraga bernuansa biru dan mengenakan hiasan kepala khas Papua.

Untuk menandai dimulainya acara, lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan dipimpin oleh Anggun dan 150 anak-anak Papua.

Baca juga: Wapres bertolak ke Papua buka Peparnas XVI

Kehadiran Wapres dalam pembukaan Peparnas XVI menggantikan Presiden Joko Widodo yang sedang melakukan karantina usai kunjungan kerja di Italia, Inggris, Abu Dhabi dan Dubai.

“Dalam hal ini, Presiden meminta saya untuk membuka Peparnas ini dan Presiden sendiri yang nanti akan menutupnya. Pada PON yang lalu, Presiden membuka acara dan saya yang menutup. Sebaliknya, pada acara ini saya yang membuka dan Presiden yang nanti akan menutupnya,” kata Wapres di Jayapura, Jumat.

Wapres juga menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin amali, Gubernur Papua Lukas Enembe serta berbagai pihak yang berkontribusi dalam Peparnas XVI.

“Secara khusus saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara saya, sa pu sodara Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Papua selaku Panitia Besar Peparnas Tahun 2021 ini,” katanya.

Sebelumnya, melalui rekaman video, Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Papua dan seluruh kontingen Peparnas XVI karena tidak dapat menghadiri upacara pembukaan.

Presiden mengatakan bisa membuka Peparnas XVI secara virtual, namun dia memilih datang langsung ke Papua pada penutupan Peparnas XVI.

“Sebenarnya tanggal 5 November 2021 pagi saya sudah tiba di Tanah Air dan bisa membuka Peparnas secara virtual dari Jakarta. Tapi, saya lebih memilih hadir di acara penutupan nantinya di Jayapura, karena Papua selalu di hati saya,” kata Presiden.

Presiden juga berterima kasih kepada Wapres karena hadir di Papua untuk membuka Peparnas XVI secara langsung di Stadion Mandala, Jayapura.

“Terima kasih kepada Bapak Wapres yang telah hadir untuk membuka Peparnas XVI. Saya yakin Peparnas di Papua akan sukses, penuh dengan prestasi dan meriah,” ujar Presiden.

Baca juga: 1.400 Personel TNI-Polri amankan pembukaan Peparnas XVI Papua

Baca juga: Enam atlet disabilitas berprestasi Papua bawa bendera Peparnas

Baca juga: 950 penari putra putri Papua meriahkan upacara pembukaan Peparnas

Baca juga: Wagub: Misi Jabar sandingkan gelar juara umum PON-Peparnas

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *