Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Presiden: Tol Serang-Panimbang bakal buka investasi di Tanjung Lesung

  • Share



Otomatis ada optimisme investasi untuk segera menyelesaikan Tanjung Lesung. Kan antara ‘ayam dan telor’, kalau jalannya tidak ada karena orang investasi mikir-mikir karena dari Jakarta ke Tanjung Lesung butuh cepat

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini pembangunan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,6 kilometer akan turut menarik aliran masuk investasi ke kawasan wisata Tanjung Lesung, Banten.

“Otomatis ada optimisme investasi untuk segera menyelesaikan Tanjung Lesung. Kan antara ‘ayam dan telor’, kalau jalannya tidak ada karena orang investasi mikir-mikir karena dari Jakarta ke Tanjung Lesung butuh cepat,” kata Presiden Jokowi setelah meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi I Ruas Serang-Rangkasbitung yang dibangun PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Rangkasbitung, Banten, Selasa.

Presiden Jokowi mengatakan jika seluruh seksi Tol Serang-Panimbang rampung dibangun, maka waktu tempuh ke Tanjung Lesung hanya membutuhkan 1,5-2 jam dibanding saat ini yang mencapai 4-5 jam.

Dengan begitu, Tanjung Lesung akan menjadi destinasi wisata alternatif yang dekat dengan Jakarta, selain kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

“Maksimal 2 jam sehingga akan jadi alternatif tidak hanya ke puncak, tapi juga bisa ke Tanjung Lesung,” ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Pengamat: Tol Serang-Panimbang percepat pembangunan KEK Tanjung Lesung

Presiden menargetkan seluruh seksi Tol Serang-Panimbang akan selesai pada akhir 2023. Saat ini dengan selesainya Seksi I untuk ruas Serang-Rangkasbitung, maka kemacetan yang kerap terjadi di Kabupaten Lebak dan Pandeglang bisa dikurangi.

“Sekarang kita harapkan kemacetan-kemacetan yang ada di Lebak, di Pandeglang, Serang bisa kita urai,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu Gubernur Banten Wahidin Halim saat peresmian mengatakan Tol Serang-Panimbang akan memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat Banten.

Dia mengungkapkan terdapat permintaan dari kepala daerah dan juga masyarakat Banten agar proses pembangunan Tol Serang-Panimbang untuk Seksi III Ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer dipercepat.

“Sehingga harapan masyarakat dapat diwujudkan,” ujarnya.

Tiga seksi Tol Serang-Panimbang terdiri dari Seksi I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer dan Seksi II Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,1 kilometer. Kedua seksi ini dibangun konsorsium dengan mayoritas PT Wijaya Karya (Persero). Kemudian.Seksi III Cileles-Panimbang 33 kilometer dibangun oleh pemerintah.

Baca juga: Presiden Jokowi: Tol Serang-Panimbang jadi pengungkit ekonomi Banten

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Tol Serang-Panimbang seksi I

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *