Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Indonesia serukan komitmen ekonomi global tangguh di Presidensi G20

  • Share



Kami akan menggunakan pertemuan ini untuk menyerukan komitmen global untuk bekerja bersama bergandengan tangan menuju pertumbuhan yang kuat, inklusif, berkelanjutan, dan tangguh

Jakarta (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Indonesia akan menjadikan kepemimpinan atau Presidensi G20 sebagai ajang untuk menyerukan komitmen global mewujudkan pertumbuhan ekonomi global yang tangguh.

“Kami akan menggunakan pertemuan ini untuk menyerukan komitmen global untuk bekerja bersama bergandengan tangan menuju pertumbuhan yang kuat, inklusif, berkelanjutan, dan tangguh,” kata Menkeu Sri Mulyani saat menjadi pembicara dalam acara ADB Institute secara daring, Jumat.

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan bahwa kepemimpinan G20 sebelumnya telah menunjukkan upaya global untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan keuangan global. Sehingga, juga penting bagi Indonesia untuk memastikan jalan keluar yang aman untuk semua dan memulai jalan baru menuju masa depan yang berkelanjutan.

“Dengan pertimbangan tersebut, Presidensi G20 Indonesia telah memilih tema recover together, recover stronger. Tema tersebut mencerminkan niat dan tujuan kami untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi, serta kebijakan ekonomi dan keuangan agar tidak ada negara dan tidak ada satupun yang tertinggal di masa pemulihan,” ujarnya.

Tema tersebut, lanjutnya, juga mencerminkan pentingnya mempromosikan produktivitas, ketahanan dan stabilitas, serta memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif.

“Upaya ini akan didukung oleh kepemimpinan kolektif global yang kuat dan lingkungan yang mendukung serta kemitraan,” tuturnya.

Adapun selama Presidensi G20, Indonesia akan fokus pada sejumlah persoalan, di antaranya mencari jalan keluar untuk mendukung pemulihan ekonomi, sistem pembayaran digital untuk sustainable finance, inklusi keuangan serta perpajakan internasional.

“Ini akan menjadi kunci untuk memastikan dan mempercepat pemulihan global yang inklusif dan aman serta menciptakan dunia untuk masa depan yang lebih berkelanjutan,” jelasnya.

Baca juga: Airlangga: Presidensi G20 momentum RI pimpin upaya pemulihan global

Baca juga: BI: Presidensi G20 RI akan bahas mata uang digital bank sentral

Baca juga: Sri Mulyani: Presidensi G20 RI soroti pemerataan pemulihan


 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *