Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Erick Thohir pastikan pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas dan Kalibaru

  • Share



Jakarta (ANTARA) – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan adanya pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah dan Terminal Kalibaru Ultimate, Cilincing, Jakarta Utara sebagai pusat kegiatan logistik.

“Kami juga sedang melakukan pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas tahun 2020-2024 dan pengembangan Terminal Kalibaru Ultimate sampai dengan tahun 2037,” ujar Erick Thohir dalam seminar daring di Jakarta, Selasa.

Menteri BUMN menambahkan saat ini pengembangan infrastruktur logistik di Jawa Tengah, telah dilakukan di empat pelabuhan yang menjadi pusat kegiatan perekonomian di daerah ini.

Baca juga: Erick Thohir ingin pelabuhan Indonesia jadi super hub di Asia Tenggara

“Pelabuhan Tegal, Pelabuhan Tanjung Intan, Terminal Petikemas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Emas, tentunya pelabuhan-pelabuhan ini memegang peranan penting untuk perekonomian di Jawa Tengah,” katanya.

Dalam kesempatan ini , Erick Thohir juga ingin kembali menekankan pentingnya budaya gotong royong sebagai ciri bangsa Indonesia.

“Kita harus bersatu dalam menghadapi kondisi global yang saat ini sangat terdisrupsi. Pasar global, distribusi ekonomi, tentu juga ketahanan kesehatan, kita harus bergotong royong,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Erick, berkaitan dengan masa depan poros maritim dunia dan tol laut, tentunya semua pemangku kepentingan perlu berkolaborasi.

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia memiliki potensi menjadi poros maritim dunia

Sebelumnya, ia mengungkapkan Indonesia memiliki potensi untuk menjadi poros maritim dunia dengan membangun budaya maritim.

Salah satu pilar untuk mewujudkan poros maritim dunia terdapat pada kemampuan Indonesia dalam membangun budaya maritim, baik yang namanya pengelolaan sumber daya laut, pengembangan infrastruktur dan tentu konektivitas maritim untuk menjadi poros maritim dunia

Menurut Menteri BUMN, konsep tol laut  telah sejalan dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dengan BUMN mendapatkan arahan untuk visi Indonesia 2045.

Baca juga: Erick Thohir: Pengembangan geopark memberikan “multiplier effect”

Baca juga: Erick Thohir: Covid-19 jadi momentum percepatan transformasi digital

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *