Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

GIIAS 2021 diharapkan jadi penanda bangkitnya ekonomi Indonesia

  • Share



Jakarta (ANTARA) – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dapat menjadi penanda kebangkitan ekonomi Indonesia pascaterjadinya pandemi COVID-19.

“Tentunya pameran ini menjadi suatu event yang sangat penting bagi Indonesia dan penanda sebagai kebangkitan ekonomi pasca terjadinya pandemi COVID-19,” ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis.

Nangoi optimis kehadiran GIIAS 2021 akan menjadi faktor pendorong untuk mencapai tujuan industri otomotif Indonesia, baik dalam memaksimalkan pencapaian domestik maupun penyumbang devisa tertinggi negara melalui ekspor.

Baca juga: Gaikindo ubah jadwal GIIAS 2021

Dia mengatakan dukungan pemerintah untuk industri otomotif Tanah Air, salah satunya melalui program insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DPT), telah berhasil menggeliatkan kembali industri yang sempat terpuruk pada tahun lalu akibat pandemi COVID-19.

“Kita pernah terpuruk di bulan April Mei tahun lalu cuma terjual 5.000 unit per bulan. Di tahun 2021 setelah pandemi yang luar biasa di bulan Juni dan Juli, pada Agustus-September penjualan kita sudah kembali di angka 85.000 unit. Hal tersebut adalah luar biasa sekali,” ucap dia.

Nangoi berharap hadirnya GIIAS pada tahun ini mampu semakin mendorong perbaikan industri otomotif Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Nangoi juga menyebut bahwa GIIAS 2021 akan tetap konsisten menghadirkan inovasi teknologi terkini dari dunia otomotif. Untuk memastikan hal tersebut, Gaikindo telah mendapatkan dukungan dari para anggotanya yang menjadi peserta.

Baca juga: BMW siapkan mobil baru untuk GIIAS 2021

“Berbagai produk dan teknologi yang dipamerkan menjadi salah satu bukti pencapaian industri otomotif Indonesia yang patut dibanggakan,” kata Nangoi.

GIIAS 2021 akan digelar pada 11-21 November di ICE, BSD City, Tangerang. Pameran tersebut dapat dihadiri pengunjung secara langsung dengan protokol kesehatan ketat.

Pameran itu akan diikuti sebanyak 24 jenama kendaraan, termasuk mobil penumpang dan komersial antara lain Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Adapun kendaraan komersial yang akan unjuk diri adalah Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Tiket masuk GIIAS 2021 hanya tersedia di aplikasi GIIAS Auto360 dengan kehadiran pengunjung dibagi dalam tiga sesi setiap harinya guna memastikan tidak ada kerumunan pada di area pameran.

Baca juga: Mobil-mobil baru yang akan hadir akhir 2021

Baca juga: GIIAS digelar 11-21 November, boleh dihadiri pengunjung

Pewarta: F017
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *