Dialog Dengan Warga, Deng Ical Sebut Akan Hapus Iuran Sampah Bila Terpilih Pimpin Kota Makassar

Beritamakassar.com, Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, bakal menghapus iuran retribusi sampah bila terpilih memimpin Kota Makassar.

Hal tersebut dikatakan oleh Calon Wali Kota Makassar, yang akrab disebut Deng Ical saat berdialog dengan sejumlah warga di Bara-barayya Selatan, Sabtu (10/10/2020).

Deng Ical mengatakan, retribusi sampah memang tidak seberapa, namun sangat terasa bagi masyarakat ekonomi lemah.

Jika ia dan Dokter Fadli Ananda terpilih, salah satu program prioritasnya mengatasi masalah persampahan di Kota Makassar. Nantinya masyarakat tidak lagi dibebankan membayar iuran sampah.

“Tidak perlu lagi masyarakat kecil membayar iuran sampah, harusnya urusan itu sudah jadi tanggung jawab pemerintah,” ujar Deng Ical.

Namun, khusus untuk badan usaha, seperti toko, rumah makan dan hotel tetap akan diberi tanggung jawab retribusi.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini menambahkan, pandemi corona yang belum bisa diprediksi dengan pasti kapan berakhirnya, menuntut lahirnya program yang berorientasi pada ekonomi dan kesehatan.

“Kami tidak ingin berjanji terlalu tinggi, karena kami fokus di ekonomi dan kesehatan. Anggaran akan lebih diporsir untuk hal tersebut. Pokoknya bagaimana warga bisa makan, tidak di PHK, dan sehat,” ujar Doktor Bidang Kebijakan Publik ini.

Sebelumnya, di tempat terpisah, Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) mengungkapkan apresiasinya atas program bebas retribusi sampah.

“Cocok ini programnya DILAN, semua masuk akal dan bisa dilaksanakan,” ujar IAS.

Mantan Wali Kota dua periode ini membandingkan bebas retribusi sampah dengan program di eranya yang sangat terkenal. Yakni IAS-mo Bebas dari lahir sampai mati.

Sumber : https://sulawesion.com/sulsel/dialog-dengan-warga-deng-ical-sebut-akan-hapus-iuran-sampah-bila-terpilih-pimpin-kota-makassar/

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *