Viral Video Ribuan Cacing Keluar dari Tanah, Seorang Ibu Kebingungan Mau Lewat

Tangkapan layar video viral ribuan cacing di FB yang terjadi di Lombok(KOMPAS.COM/IDHAM KHALID)

BeritaMakassar.com – Sebuah video tentang ribuan cacing yang muncul di pekarangan milik warga di Nusa Tenggara Barat ( NTB) menjadi viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 6 menit 4 detik itu, tampak seorang ibu dengan mengenakan baju berwarna kuning duduk dan kebingungan untuk melapisi kakinya ketika berjalan di atas ribuan cacing tersebut.

“Ya Allah kebanyakan cacing ini, dari mana dia datang, pakai apa nanti untuk melapisi kaki,” kata ibu dalam video itu dalam bahasa Lombok.

Dari penulusuran Kompas.com, peristiwa itu terjadi di Dusun Bagek Nunggal, Desa Tratak, Kecamatan Batukliang Utara.

Video tersebut diunggah di akun Facebook dengan nama Bintang Terang pada Senin (4/5/2020) melalui siaran langsung.

“Ya betul, kejadian terjadi di Dusun Bagek Nunggal, dekat kantor Cat, tidak banyak yang tahu,” kata Kapolsek Batukilang Iptu Komang Ronaka.

Tanggapan ahli

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi menyampaikan, kemunculan cacing tersebut belum pasti terkait dengan tanda akan ada gempa.

Menurut dia, cacing yang muncul sebelum gempa besar ternyata juga didukung dengan data perilaku gejala alam lainnya.

” Antara lain, kemunculan ular di beberapa tempat, anjing yang terus menggonggong bersahutan, dan ikan yang melompat-lompat di dalam kolam.

“Fenomena cacing di daerah tersebut berdiri sendiri, tidak didukung oleh adanya bukti-bukti alamiah lain dan anomali prekursor gempa bumi,” kata Ardhianto.

Sementara itu, jika tidak ada data dukung lain, maka munculnya cacing secara massal ke permukaan diakibatkan oleh adanya perubahan kondisi cuaca, iklim, dan lingkungan yang mendadak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Viral Video Ribuan Cacing Keluar dari Tanah, Seorang Ibu Kebingungan Mau Lewat”

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gusun Fawaida

Sahabat yang baik itu seperti bintang. Kamu tidak selalu melihat mereka, tapi kamu tahu mereka ada disana