Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Diduga Tertular COVID-19 dari Baju Ayahnya, Bukti Jaga Kebersihan Itu Penting

  • Share

Supaya kesehatan tetap terjaga secara optimal ketika berpuasa di rumah, beberapa hal berikut ini nggak kalah penting untuk dijaga pula kebersihannya.

Mungkin nggak ada yang bikin waswas di tengah kondisi saat ini, selain mengetahui kabar dua anak kakak-adik di Cileungsi, Bogor, positif Corona, karena diduga tertular dari pakaian ayahnya. Hal ini pun sontak bikin yang mengetahui jadi lebih aware untuk mencuci pakaian yang benar.

Di satu sisi, menjalani Ramadan tahun ini rasanya seperti memiliki tantangan dobel. Selain harus menahan haus dan lapar, godaan pun datang lantaran puasa Ramadan kali ini perlu dijalani #DiRumahAja akibat pandemi Corona. Beragam upaya pun diterapkan oleh sebagian besar masyarakat sebagaimana imbauan pemerintah, seperti rajin cuci tangan menggunakan sabun di bawah air bersih yang mengalir.

Meski begitu, bukan hanya tangan yang wajib dijaga kebersihannya lho. Supaya kesehatan tetap terjaga secara optimal ketika berpuasa di rumah, beberapa hal berikut ini nggak kalah penting untuk dijaga pula kebersihannya.

Kebersihan Rumah Wajib Diperhatikan Juga

Kuman, bakteri maupun mikroorganisme lainnya nggak hanya ada pada telapak tangan, tetapi juga di berbagai medium, termasuk rumah. Inilah kenapa rumah wajib dibersihan secara rutin. Apalagi selama pandemi Corona, banyak kegiatan dihabiskan di rumah. Biar tetap bersih, pastikan rajin menyapu dan mengepel lantai rumah, hingga rutin membuang sampah. Jangan lupa membersihkan debu-debu yang menempel di setiap sudut rumah juga. Sampai yang nggak kalah penting, menjaga sirkulasi udara di rumah lancar, agar rumah nggak pengap dan tentunya sehat untuk ditinggali.

Bahan Makanan yang Baru Dibeli Wajib Dibersihkan

Mungkin kamu membelinya secara online, tetapi bagaimanapun bahan makanan yang dipesan, seperti buah-buahan dan sayuran ini telah berpindah-pindah tempat. Makanya, penting banget untuk menjaga kebersihan bahan-bahan makanan yang baru dibeli. Cucilah sampai bersih sebelum diolah maupun dihidangkan, agar orang-orang di rumah bisa menikmati buka maupun sahur dengan beragam makanan yang aman dan bergizi maksimal.

Pakaian yang Digunakan Nggak Kalah Penting Dijaga Kebersihannya

Sekalipun diimbau untuk di rumah aja, tetapi kadang ada kebutuhan atau keperluhan yang memang harus dilakukan di luar. Di sinilah pentingnya untuk memperhatikan juga kebersihan pakaian yang digunakan saat keluar rumah di tengah pandemi Corona. Kalau bisa malah jangan sekadar bersih, tetapi juga perlu dipastikan pakaian yang digunakan bebas dari kuman maupun bakteri. Caranya?

Sehabis dicuci bersih dan kering, kamu bisa menggunakan parfum penyetrika yang mengandung Alkyl dimethylbenzyl ammonium chloride saat menyetrika pakaian. Menurut Health Canada’s requirements for COVID-19 bahan Alkyl Dimethyl Ethylbenzyl Ammonium Chloride ini merupakan bahan dalam disinfektan yang dapat digunakan terhadap SARS-CoV-2, Coronavirus yang menyebabkan COVID-19. Selain di disinfektan bahan ini ternyata gampang ditemukan di keseharian kita, seperti di parfum penyetrika pakaian.

Salah satu parfum penyetrika yang sudah tidak asing lagi yaitu Kispray Anti Kuman ternyata mengandung bahan Alkyl dimethylbenzyl ammonium chloride dan juga sudah melalui uji mikrobiologi di Institut Pertanian Bogor yang memastikan bahwa Kispray mengandung bahan-bahan yang dapat membunuh bakteri di pakaian dengan efektivitas 99%. Info lebih lengkap klik di sini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *