Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Viral Tenaga Medis China Tiba di Indonesia, Begini Penjelasan Imigrasi

  • Share

TANGERANG – Sebuah video yang memperlihatkan beberapa orang memakai alat pelindung diri tengah mengantre di Bandara Soekarno Hatta viral di jejaring media sosial.

Dinarasikan dalam video itu, mereka adalah tenaga medis asal China yang datang ke Indonesia pada Kamis (26/3).

Pihak yang mengambil video tersebut, terdengar berbicara menggunakan bahasa mandarin. Sedangkan orang-orang yang mengantre di loket check in dan terekam pada video itu tampak seperti warga China.

Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM lantas memberikan penjelasan soal video berdurasi 14 detik tersebut.

Kepala Subbagian Humas Ditjen Imigrasi, Ahmad Nur Saleh, mengatakan warga China yang berada dalam video itu bukan baru datang ke Indonesia.

Mereka justru hendak meninggalkan Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Jadi itu area keberangkatan yang di foto. Bukan area kedatangan dan diambilnya waktu pemulangan warga negara RRT,” kata Nur Saleh dalamketerangan resminya di Jakarta pada Jumat (27/3/2020).

Nur Saleh menuturkan, orang-orang yang ada pada video itu bukanlah tenaga medis, melainkan warga China biasa yang hendak meninggalkan Indonesia dalam rangka proses evakuasi.

“Untuk proses evakuasi warga negara RRT (Republik Rakyat Tiongkok),” ujar Ahmad Nur Saleh.

Warga negara China itu, lanjut Nur Saleh, tercatat meninggalkan Indonesia menggunakan pesawat Cambodia Airlines bernomor KR3708.

Adapun berdasarkan manifes penerbangan pesawat tersebut, terdapat 126 warga negara China sebagai penumpang.

Kemudian 7 kru pesawat yang terdiri atas 1 orang WNI, 1 orang warga Korea Selatan, 2 orang warga Filipina, dan 3 orang warga Kamboja.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *