Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Viral Sepekan: Hoaks Korban Pembunuhan | Jangan Klik Link Internet Gratis

  • Share

BERITAMAKASSAR.com – Sejumlah informasi viral beredar di grup-grup percakapan Whatsapp dan media sosial selama sepekan ini. Pada masa pandemi virus corona ini, informasi viral sebagian bersar terkait virus corona. Informasi-informasi itu di antaranya soal pembatalan keberangkatan kereta, hoaks kuota dan link internet gratis, serta hoaks seputar letusan Gunung Anak Krakatau.  Berikut rangkuman informasi viral yang beredar pada 7-12 April 2020.

Hoaks wanita korban pembunuhan dan perampokan di Muara Karang

Informasi wanita pedagang bakmi yang menjadi korban pembunuhan dan perampokan di Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara, beredar di media sosial Facebook pada Selasa (7/4/2020). Dalam unggahan itu, terlihat foto jenazah seorang perempuan di dalam rumah dan video penangkapan terduga pelaku pembunuhan. Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, informasi yang beredar di media sosial adalah tidak benar. Ia menegaskan, foto dan video yang tersebar di Facebook merupakan dua kejadian yang berbeda.

Hoaks informasi pembatalan keberangkatan seluruh kereta dari dan ke Jakarta

Beredar pula informasi di media sosial mengenai pembatalan keberangkatan seluruh kereta api dari dan ke Jakarta pada Kamis (9/4/2020). Informasi yang beredar itu menyebutkan adanya pembatalan perjalanan seluruh kereta jarak jauh maupun jarak dekat mulai berlaku pada 10-23 April 2020. Saat dikonfirmasi, Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) I Jakarta, Eva Chairunisa mengungkapkan, pesan tersebut adalah hoaks. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak memercayai informasi tersebut.

Hoaks video mitra Grab kembalikan mobil di Pool Cinere

Sebuah video yang menampilkan deretan mobil yang terparkir diduga berada di Pool Grab Cinere, Depok, Jawa Barat beredar di media sosial pada Rabu (8/4/2020). Dalam video singkat itu, terdengar narasi yang menyebutkan bahwa deretan mobil tersebut merupakan mobil sewaan yang dikembalikan oleh mitra Grab lantaran mereka pulang kampung.

Public Relations Manager Grab Indonesia, Andre Sebastian menegaskan, narasi video yang beredar di media sosial adalah tidak benar. Faktanya, tempat tersebut untuk kondisi mobil yang bermacam-macam, seperti butuh perbaikan atau lainnya, bukan imbas Covid-19.

Hoaks kuota data gratis 100 GB untuk semua operator Muncul informasi yang menyebutkan adanya kuota gratis 100 GB yang dapat dipakai oleh semua operator beredar di media sosial Facebook pada Jumat (10/4/2020). Adapun kuota gratis tersebut disebutkan dapat diakses selama 60 hari. Tak hanya informasi, pengunggah juga menambahkan tangkapan layar mekanisme pengaktifan kuota data tersebut dengan provider Telkomsel. Namun, pihak Telkomsel membantah hal itu. “Informasi itu enggak ada, paket Telkomsel yang tersedia hanya ada di websote resmi Telkomesel atau pun yang tercantum pada Apps MyTelkomsel,” ujar perwakilan Telkomsel.

Empat gunung api di Indonesia disebut meletus serentak

Saat Anak Gunung Krakatau (GAK) dilaporkan meletus dua kali pada Jumat (10/4/2020), muncul informasi yang menyebutkan adanya empat gunung api yang meletus secara bersamaan. Informasi ini menyebar di media sosial, khususnya Twitter. Adapun empat gunung api yang disebutkan adalah Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Kerinci, dan Gunung Semeru. Terkait beredarnya informasi tersebut, Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, erupsi yang terjadi pada keemat gunung tersebut tidak terjadi secara bersamaan. Menurut dia, erupsi yang terjadi pada empat gunung api itu tidak saling berkaitan karena setiap gunung api mempunyai dapur magma masing-masing.

Hoaks video diklaim letusan Gunung Anak Krakatau 10 April 2020

Selain itu, beredar video yang menampilkan gunung api tengah meletus dan disebut sebagai kondisi meletusnya GAK pada Jumat (10/4/2020). Video ini beredar luas di media sosial. Dalam video singkat itu, diperlihatkan kondisi gunung yang mengeluarkan lelehan magma. Saat dikonfirmasi, Ahli Vulkanologi dari PVMBG, Surono menjelaskan video yang beredar bukan letusan GAK yang terjadi pada April 2020, melainkan saat letusan pada 2018. Ia menambahkan, kejadian meletusnya Gunung Anak Krakatau juga terjadi sebelum adanya tsunami yang menghantam sejumlah wilayah yang berdekatan dengan Selat Sunda.

Hoaks “link pemerintah berikan internet gratis”

Beredar informasi internet gratis yang disebut dari pemerintah sebagai insentif atas situasi pandemi virus corona di Indonesia beredar pada Minggu (12/4/2020). Pada unggahan dan pesan yang beredar disertai link yang berbeda dengan karakter URL yang hampir sama. Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Ahmad Ramli menegaskan, informasi itu adalah hoaks. Ia menyampaikan, program yang berasal dari pemerintah berupa kerja sama dengan operator telekomunikasi dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan. Adapun biaya yang digelontorkan sekitar Rp 1,9 triliun.

Artikel ini telah terbit di KOMPAS.com dengan judul “Viral Sepekan: Hoaks Korban Pembunuhan | Jangan Klik Link Internet Gratis”.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *