Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Penularan Orang Tanpa Gejala Trend Baru Penyebaran Covid-19 di Sumsel

  • Share

BeritaMakassar.com – Pasien positif Covid-19 di Sumatera Selatan kembali bertambah 13 kasus sehingga menjadi 106 orang. Selain penularan melalui kontak dengan pasien, penyebaran juga melalui orang tanpa gejala (OTG) yang belum terkonfirmasi.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Zen Ahmad mengungkapkan, penularan dari OTG itu kini menjadi trend terkini di provinsi itu. Terbukti itu terjadi di beberapa kasus positif yang ditemukan.

“Bisa dibilang penularan tanpa disadari akibat orang positif tanpa gejala. Ini berbahaya dibandingkan penularan kontak langsung dengan pasien,” ungkap Zen, Jumat (24/4).

Menurut dia, angka OTG di Sumsel bisa jadi cukup besar dan tanpa disadari mereka tetap berkeliaran. Di situlah diperlukan kesadaran OTG untuk memeriksakan kesehatannya agar tidak membahayakan orang lain.

“Nah, mungkin saja OTG ini ada di sekitar kita tapi kita tidak mengetahuinya,” kata dia.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat Sumsel untuk tetap disiplin menjaga jarak, menggunakan masker jika keluar rumah, menghindari keramaian seperti pasar jika tidak penting serta rajin cuci tangan dan meningkatkan imun.

“Dengan kesadaran ini dan ditambah dengan doa bersama, maka tidak akan ada lagi penularan,” ujarnya.

Sementara penularan dari kontak langsung dengan pasien positif, sejauh ini berada di Palembang, Prabumulih, dan Lubuklinggau. Gugus tugas terus menelusuri orang-orang yang kontak erat untuk dilakukan uji sampel.

“Dari 487 sampel yang diambil, 252 sampel di antaranya masih proses pemeriksaan. Mudah-mudahan tidak ada penambahan pasien positif,” pungkasnya.

Sumber : https://www.merdeka.com/

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *