Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Kisah Driver Ojol, Diusir dari Kontrakan, Viral di Medsos, Kembali ke Kontrakan dan Dapat Sembako

  • Share

BERITAMAKASSAR.com — Dodo, pengemudi ojek online yang diusir dari rumah kontrakan karena menunggak sewa tiga bulan, memperoleh bantuan sembako dari Kompas.com.

Dodo sendiri kini sudah kembali ke kontrakan lamanya setelah kisahnya viral di media sosial.

Bantuan sembako tersebut bernilai Rp 1 juta, hasil donasi dari para pembaca Kompas.com melalui platform Kitabisa.com

“Ini (donasi) senilai Rp 1 juta, tapi bentuknya kebutuhan pangan,” ujar Brahmanda Pandya Dhipta, Marketing Communications Officer Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Abram menjelaskan, paket bantuan tersebut berisi 10 kilogram beras, dua liter minyak goreng, 1,8 kilogram susu anak, diapers isi 68, dua kaleng sarden, dua kaleng kornet, dua kilogram gula pasir, kecap, satu kotak teh, 380 gram kopi, sebotol sambal, satu kardus mi instan, telur, satu botol sirup, serta biskuit dan wafer masing-masing 1 kaleng.

Selain bantuan pangan, Kompas.com juga menyelipkan bantuan multivitamin dan vitamin anak serta sabun mandi.

“Harapannya bisa bertahan sampai 2-3 minggu,” kata Abram.

Dodo mengucapkan terima kasih kepada para pembaca Kompas.com yang sudah bersedia berdonasi untuk dia.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih dan atas nama mewakili keluarga saya kepada pembaca Kompas.com yang meringankan beban saya saat melihat keadaan sulit saya kemarin,” kata dia.

Ia berharap, pemerintah dapat mendistribusikan bantuan sejenis secara lebih merata, juga untuk rekannya sesama pengemudi ojek online yang pendapatannya merosot drastis di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Harapan saya untuk pemerintah dan pihak pemberi bantuan, agar diberikan secara rata dan menyeluruh. Beberapa mereka yang membutuhkan bantuan tidak memiliki KTP daerah setempat, sehingga belum tentu masuk dalam data penerima bantuan,” ujar Dodo.

Akibat diusir dari kontrakannya bersama istri dan kedua anaknya yang masih balita, Dodo harus tinggal di halaman ruko pada Selasa (7/4/2020) malam.

Namun, saat Dodo dan keluarga hendak tidur, pengemudi ojek online lainnya datang menghampiri dan mengajak Dodo beserta keluarga untuk ke base camp atau tempat nongkrong para driver ojol di Depok.

Di sanalah Dodo dan keluarga kemudian bermalam setelah diusir.

Sepinya pesanan selama tiga bulan belakangan membuat Dodo tak mampu mengumpullkan uang lebih untuk biaya sewa kontrakan.

“Bahkan saya janjikan begini (kepada pemilik kontrakan), saya juga lagi seret, target agak goyang. Kondisi kan lagi kayak begini, enggak sangka. Sekarang mau dapat duit, pusing. Jadi saya bilang, seumpama dalam enam bulan enggak bayar, motor saya ditarik saja,” ucap Dodo, Rabu (8/4/2020).

Kembali ke Kontrakan

Dodo, pengemudi ojek online yang diusir dari kontrakan karena menunggak uang sewa, kini telah kembali ke kontrakannya itu.

Nasib baik itu datang ketika pengemudi ojek online lain mengisahkan kejadian yang menimpa Dodo lewat media sosial.

Dalam unggahan tersebut, tercantum nomor telepon Dodo supaya para dermawan bisa menghubunginya.

Dodo pun kaget karena banyak sekali yang menguhubunginya setelah itu.

Dari semua tawaran bantuan itu, ada salah satu driver ojol asal Depok yang ingin diantarkan ke rumah kontrakan Dodo.

“Ada driver anak Depok kalau tidak salah dari Gang Bakti dia nyamperin saya ke base camp Margonda. Dia minta izin diantar ke rumah yang lama, saya bilang ya sudah kalau mau ke sana saya anterin,” kata Dodo saat dihubungi Rabu petang.

Sesampainya di kontrakan tempat Dodo dan keluarga diusir, driver ojol yang ingin membantunya meminta agar bertemu dengan pemilik kontrakan.

Usai bertemu, driver ojol itu membantu Dodo dengan membayar lunas uang sewa kontrakan.

“Sampai di sana saya panggil yang punya kontrakan, driver ojol ini yang urus kekurangan sampai lunas,” kata Dodo.

Sekarang saya sudah balik lagi ke rumah yang lama,” sambung Dodo. Kini Dodo bersama keluarganya sudah kembali menempati rumah kontrakan seperti sedia kala.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dodo, Pengemudi Ojek Online yang Diusir dari Kontrakan, Terima Donasi Sembako dari Pembaca Kompas.com”

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *