Keajaiban Mars, NASA Tangkap Penampakan Naga di Permukaannya

NASA baru saja merilis penampakan seekor naga di permukaan planet Mars.(NASA/JPL/UArizona)

Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) baru saja merilis foto penampakan seekor naga di permukaan planet Mars. Penampakan naga tersebut ditangkap oleh kamera HiRISE milik University of Arizona yang menempel pada wahana antariksa Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA. NASA lantas mengunggahnya ke Twitter pada Sabtu (11/4/2020). Mereka menulis: “HiPOD 11 Apr 2020: Tahun Naga”

“Kami merotasi foto materi blok berwarna muda di bagian barat daya Melas Chasma karena dari perpektif ini, ia mirip dengan naga dalam dongeng China.”

Sebetulnya, ini bukan kali pertama NASA mendapati penampakan-penampakan unik di Mars. Sejak kali pertama MRO mencapai orbit Mars pada 2006, wahana antariksa tersebut tidak pernah berhenti mengirimkan informasi berharga mengenai planet merah tersebut ke Bumi. Pada tahun 2018, kamera MRO menemukan penampakan Pac-Man yang sedang makan. Lalu pada tahun lalu, NASA juga menemukan bukit pasir yang bentuknya mirip logo Starfleet dari film “Star Trek”.

Formasi mirip logo Starfleet dalam film serial Star Trek di permukaan Mars.

Untuk penampakan naga kali ini, MRO mengambil fotonya pada 4 Juli 2007 dari ketinggian 258 kilometer.

Akan tetapi, NASA baru merilis foto tersebut dalam keadaan sudah dirotasi pada 11 April 2020. Naga berwarna terang tersebut sebetulnya adalah bagian lantai Chasma Melas di Mars, sebuah ngarai raksasa yang memotong sisa-sisa danau purba yang sudah mengering. “Sepanjang lantai Melas Chasma adalah sebuah deposit blok-blok aneh yang terdiri dari blok-blok berwarna terang di dalam matrix berwarna lebih gelap,” papar University of Arizona dalam blog resminya. Institusi tersebut lantas melanjutkan, resolusi foto HiRISE yang tinggi mengungkapkan lapisan-lapisan yang tebalnya hanya beberapa meter pada beberapa blok berwarna terang. “Blok-blok ini beragam ukurannya, tetapi mayoritas berdiameter 100-500 meter,” imbuhnya lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com (Penulis : Shierine Wangsa Wibawa, Editor : Shierine Wangsa Wibawa)

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *