Advertisement
Categories: Kuliner

9 Ide Menu Sahur dan Buka Puasa Sederhana, Mudah Dibuat dan Sehat

BeritaMakassar.com – Menjalankan ibadah puasa Ramadhan pastinya memerlukan persiapan baik secara batiniah dan lahiriah. Salah satu persiapan penting saat puasa Ramadhan adalah menyiapkan berbagai menu sahur dan buka puasa.

Ibadah puasa Ramadhan menjadi kewajiban yang harus dikerjakan setiap umat muslim selama 30 hari puasa. Selama berpuasa tersebut kadang bingung untuk menentukan menu sahur dan buka puasa. Jika tidak melakukan persiapan menu sahur dan buka puasa lebih awal akan membuat kalian kerepotan saat sahur dan buka puasa.

Sehingga perlu adanya persiapan berbagai menu sahur dan buka puasa yang sehat dan bergizi agar tubuh tetap fit. Menu sahur dan buka puasa tidak melulu dengan makanan mewah dan mahal harganya. Kalian dapat membuat menu sahur dan buka puasa sederhana menggunakan bahan makanan yang mudah diolah.

Lalu apa saja menu sahur dan buka puasa sederhana?

Berbagai resep menu sahur dan buka puasa sederhana dapat menjadi pilihan kalian saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2020 atau Ramadhan 1441 Hijriah. Menu sahur dan buka puasa ini cukup praktis dan mudah untuk dibuat.

Sehingga kalian dapat mempraktekkannya dengan mudah di rumah bersama keluarga. Berikut 9 menu sahur dan buka puasa sederhana, mudah dibuat dan sehat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Aneka Jenis Sayur Sop

(credit: liputan6.com)

Ide menu sahur dan buka puasa saat bulan Ramadhan 2020 yang mudah dan sederhana dapat membuat aneka jenis sop. Diantara sop yang bisa jadi pilihan menu sahur dan buka puasa seperti sop ayam, sop bayam, sop labu kacang hijau, sop jagung dan sop ikan.

Aneka Sop tersebut umumnya sangat mudah dan sederhana dibuat, selain praktis, aneka sop juga termasuk makanan yang sehat dan bergizi. Sebab, adanya sayur dan protein dalam sop dapat menambah gizi yang baik untuk tubuh.

2. Tumis Sayur

(credit: dapurkobe.co.id)

Ide menu sahur dan buka puasa sederhana selanjutnya adalah membuat tumis sayur. Tumis sayur seperti tumis jamur tiram, tumis kangkung, tumis, pare cabe hijau, tumis tauge bisa jadi menu andalan saat sahur dan berbuka.

3. Aneka Olahan Bakwan

(credit: dapurkobe.co.id)

Bakwan pastinya cocok menjadi menu tambahan saat sahur dan berbuka. Menu sahur dan buka puasa dengan olahan bakwan diantaranya bakwan jagung, bakwan sayur, bakwan jamur, dan bakwan tahu.

Olahan bakwan juga tergolong sebagai menu sahur dan buka puasa sederhana karena mudah dibuat serta lebih praktis. Selain itu kandungan sayur dalam bakwan juga menambah gizi yang baik untuk dikonsumsi.

4. Kolak

(credit: liputan6.com)

Ide menu sahur dan buka puasa sederhana lainnya adalah kolak. Kolak sangat cocok sebagai menu buka puasa Ramadhan. Berbagai jenis kolak dapat dibuat sendiri di rumah dengan bahan yang mudah diperoleh dan terjangkau.

Diantara kolak yang bisa jadi pilihan menu buka puasa seperti kolak,pisang, kolak biji salak, kolak ubi, dan kolak kacang hijau. Kalian dapat memilih dan menentukan selera yang sesuai dengan berbagai jenis kolak tersebut.

5. Aneka Es Segar

(credit: liputan6.com)

Saat buka puasa pastinya dahaga akan hilang ketika menyantap es segar. Ya, ide menu sahur dan buka puasa sederhana kalian dapat menentukan pilihan berbuka dengan es segar.

Varian es segar dengan campuran bahan buah sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan melengkapi vitamin dalam tubuh. Diantara menu buka puasa es segar seperti es kelapa muda, es blewah, es rujak serut, es timun suri, es cincau, es campur, es kacang merah, dan es cendol.

6. Sayur dan Kari Bersantan

(credit: dapurkobe.co.id)

Sayur dengan santan juga cocok menjadi ide menu sahur dan buka puasa sederhana. Diantara menu sayur bersantan seperti sayur lodeh, kari sayuran opor telur, opor ayam, dan gulai. Kalian dapat memilih varian menu sayur bersantan tersebut untuk menu sahur dan buka puasa.

7. Bubur

(credit: liputan6.com)

Bubur manis dapat menjadi ide menu buka puasa yang pas dan cocok. Varian bubur seperti bubur candil warna warni, bubur mutiara sagu, bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan bubur ketan hitam bisa jadi rekomendasi untuk kalian.

8. Capcay

(credit: dapurkobe.co.id)

Ide menu sahur dan buka puasa sederhana lainnya adalah menu capcay. Capcay ini dapat dibuat dengan kuah ataupun capcay kering. Tambahan berupa bakso, sosis, dan daging bisa menambah citarasa dan nafsu makan saat sahur dan buka.

9. Olahan Balado

(credit: dapurkobe.co.id)

Balado merupakan olahan masakan yang populer dengan rasa pedas dan warna merah. Olahan balado bisa menjadi ide menu sahur dan buka puasa Ramadhan 2020. Berbagai olahan balado seperti balado telur, balado terong, balado kentang, balado udang, balado, tahu dapat menjadi rekomendasi.

Nah itulah 9 ide menu sahur dan buka puasa sederhana, mudah dibuat dan bergizi selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2020. Selain itu kalian dapat mengkombinasikan berbagai ide menu sahur dan buka puasa sederhana di atas sesuai selera.

Sumber : https://plus.kapanlagi.com/

Advertisement
Erina Syifa

Menulislah agar dipahami, bicaralah agar didengarkan membacalah untuk mengembangkan diri

Advertisement

Recent Posts

Polling Sementara Pilwali Makassar Dimenangkan oleh DILAN, Begini Komentar Netizen

Beberapa bulan lagi Pilwali Makassar akan dilaksanakan. Walau di tengah pandemi Covid-19, hal ini tak…

3 weeks ago

Kandidat Bakal Calon Walikota Mengerucut Menjadi 4 Paslon, Siapa Mereka?

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura menyerahkan surat rekomendasi model B1-KWK kepada bakal pasangan calon (paslon)…

1 month ago

Pasha Ungu Cat Seluruh Rambutnya Jadi Blonde, Ini Kata Netizen!

Sejak beberapa tahun terakhir, Pasha vokalis Ungu memutuskan untuk beralih ke dunia politik. Ia kini…

2 months ago

Vitalia Sesha Diduga Ditangkap Polisi Karena Prostitusi Online, Ini Komentar Keluarga!

Ketika inisial artis VS muncul ke permukaan sebagai terduga pelaku prostitusi online di Bandar Lampung,…

2 months ago

Unggah Foto Dengan Make Up Tipis, Agnez Mo Tuai Pujian Netizen

Agnez Mo mengunggah potret dirinya dengan make up tipis di Instagram pribadinya. Dalam sejumlah foto…

2 months ago

Amanda Manopo Sudah Bertemu dengan Orangtua Billy Syahputra, Ini yang Dibahas!

Billy Syahputra dan Amanda Manopo diketahui tengah menjalin asmara. Namun keduanya masih enggan untuk mengumbarnya…

2 months ago