Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Rilis BMKG : Gempa Di Banten Status Siaga, Daerah Sekitarnya Status Waspada

  • Share

BERITAMAKASSAR.com — Gempa berkekuatan 7,4 skala richter terjadi di daerah Banten berpotensi tsunami. Berdasarkan rilis resmi BMKG di websitenya bmkg.go.id, status Banten saat ini menjadi SIAGA dan daerah lain di Jawa Barat, Bengkulu dan Lampung berstatus WASPADA.

Di lansir dari Detik.com “Potensi tsunami untuk diteruskan kepada masyarakat,” demikian keterangan dari BMKG pada pukul 19.07 WIB, Jumat (2/8/2019). Gempa berlokasi di 147 kilometer sebelah barat daya Sumur, Banten dengan kedalaman 10 kilometer dengan magnitudo 7,4 skala richter.

Beberapa warganet yang ikut merasakan gempa mulai mengabarkan tentang kondisi terkini melalui pesan whatsapp. Selain itu kecemasan juga datang silih berganti dari grup facebook. Doa untuk keselamatan juga datang silih berganti dari netizen.

“Semoga baik-baik saja saudara-saudara kita di Banten dan sekitarnya. Saya dapat informasi bahwa gempa sangat terasa di Kecamatan Sumur Pandeglang Banten. Saat berita ini saya posting, peringatan dini potensi Tsunami oleh BMKG belum dicabut. Mohon informasi dan konfirmasi yang dekat lokasi. Saya pernah ke lokasi ini pada saat terjadi Tsunami bulan desember lalu.” Kata Hisbullah Amin melalui status facebooknya, salah seorang aktivis kemanusiaan dari Makassar yang berprofesi sebagai dokter Anastesi di RS. Pelamonia Makassar.

Berdasarkan data resmi dari BMKG, waktu terjadinya gempa tepatnya pada 19:03:21 WIB. Pusat keramaian seperti mall dan perkantoran pun di evakuasi sedini mungkin. “Berharap tidak terjadi apa-apa di sana, ada anakku (disana, red) kodong” kata seorang ibu yang mendapatkan berita ini dari tim Berita Makassar.

Penulis : Muhammad Usri Yusran Jalil
Editor : Wardi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *