Penjualan Avanza vs Xpander Semester I 2019, Siapa Unggul?

BERITAMAKASSAR.COM — Sejak diluncurkan di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, sejak saat itu Mitsubishi Xpander terus membayang-bayangi Toyota Avanza, yang sama sekali belum terkalahkan sejak tahun 2003 hingga 2017.

Memasuki tahun 2018, penjualan Xpander dan Avanza saling mengejar, saling menyalip. Hingga memasuki tahun 2019, dua MPV “sejuta umat” itu masih menjadi menjadi kendaraan yang saling berkompetisi. Lantas, siapa di antara keduanya yang paling laris di semester pertama (Januari – Juni) 2019 ini?

Avanza dan Xpander masih menjadi juru kunci di semester pertama meninggalkan kendaraan lainnya. Sementara Avanza menjadi juara pertama sekaligus unggul tipis melawan Xpander yang berada di posisi kedua penjualan mobil terlaris.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan secara wholesales Toyota  mencapai 39.815 unit. Xpander yang menjadi pemenang di periode yang sama tahun 2018 lalu dikalahkan jagoan Toyota itu dengan penjualan wholesales sebesar 32.652 unit.

Meski demikian, penjualan secara bulanan dimenangkan Xpander. Berdasarkan penjualan pada Juni 2019, Mitsubishi Xpander berhasil terjual sebanyak 4.624 unit.  Sementara Avanza hanya terjual sebanyak 3.543 unit.

Diketahui, Avanza memang telah dibenahi di tahun 2019 ini. Menyadari diri telah menemukan lawan yang berat, pada pertengahan Januari 2019 lalu, Toyota akhirnya meluncurkan model terbaru Avanza, demi menantang Xpander yang telah membuatnya tertatih-tatih di 2018 lalu.

Penulis : Muhajir MA
Editor : Muhammad Usri Yusran Jalil

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Muhajir MA

Hobi membeli buku namun malas membaca. Menyukai sastra, film, dan filsafat. Membenci kuliah namun akhirnya menjadi mahasiswa pascasarjana di UNM. Kuli tinta. Orangnya rumit, tukang mikir. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @muhajir_m.a