Advertisement
Categories: NewsSulselTeknologi

Pemprov Gandeng JICA Bangun Sistem Pengurangan Resiko Bencana

BERITAMAKASSAR.com — Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, menerima perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA), di Ruang Kerja Sekda, Jumat (2/8/2019).

Pertemuan tersebut terkait kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan JICA, dalam upaya pengurangan resiko bencana.

Abdul Hayat mengatakan, Sulsel terbantu dengan adanya panduan, pemikiran, dan ide terkait upaya mengurangi resiko bencana.

“Ini sudah berlangsung. Fokus kepada bendungan Bili-Bili, itu tidak perlu dikhawatirkan, karena sudah ada langkah-langkah yang tepat,” katanya.

Lebih lanjut, Abdul Hayat menjelaskan, pemerintah sudah bisa memberikan sosialisasi, khususnya kepada daerah Gowa dan Makassar tentang Bili-Bili yang bukan penyebab banjir, tetapi justru mengatasi banjir.

“Tipis kemungkinan untuk bobol. Yang terpenting kita akan diperkuat oleh semua stakeholder, termasuk manajemen kebencanaan. JICA juga akan memberikan pendampingan secara terus-menerus untuk itu,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Syamsibar, menyebut, memang telah terjalin kerja sama antara JICA dengan Kementerian PU dan BNPB, yang terfokus pada upaya mengantisipasi kondisi yang ada di Bendungan Bili-Bili.

“Tadi Mr. Tada melaporkan kepada Pak Sekda tentang rancangan kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka mengantisipasi ancaman bendungan yang ada, utamanya wilayah Makassar, Gowa dan Takalar,” papar Syamsibar.

Ia juga mengatakan, pembenahan terhadap kondisi bendungan sudah dijadwalkan, khususnya dari aspek lahan yang kritis, sedimen yang harus segera ditangani, dan sistem peringatan dini.

“Sistem peringatan dini, bagaimana nanti memanage masyarakat manakala sudah terjadi ancaman, agar masyarakat bisa tahu jalur evakuasinya ke mana, sehingga bisa tertangani dengan baik,” jelasnya.

Berdasarkan arahan dari Sekprov, hal tersebut harus dimaksimalkan. Sehingga nanti memasuki musim penghujan atau cuaca ekstrim, hal tersebut dapat ditangani dengan baik. 

Penulis : Jahir Majid
Editor : Anshar Amin Sikki

Advertisement
Jahir Majid

Muh. Jahir Majid, akrab di panggil Jahir. Seorang jomblo yang Kesehariannya hanya dihabiskan untuk menulis naskah berita dan hobi bermain futsal. Aktif menjadi kontributor BeritaMakassar.com sejak juli 2019. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @jahir_el_comandante

Advertisement

Recent Posts

Video Viral Puluhan Pegawai Dinkes Berjoget Abaikan Protokol Kesehatan, Kadinkes Banjarmasin: Itu Hanya Spontanitas

Video puluhan pegawai Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin berjoget dan mengabaikan protokol kesehatan saat acara peringatan…

2 weeks ago

Pengamat: Hasil Survei Tunjukkan Warga Makassar Ingin Wali Kota Baru

Beritamakassar,com, Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Samsir Rahim, berpendapat peta pertarungan pada Pilwalkot Makassar…

1 month ago

DILAN Bakal Bangun Museum Maritim di Makassar

Beritamakassar.com, Pasangan calon nomor urut tiga, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, berkomitmen menggenjot sektor pariwisata di Kota…

1 month ago

Dokter Fadi Resmikan Posko Pemenangan DILAN Minasaupa

Beritamakassar.com, Calon Wakil Wali Kota Makassar, Dokter Fadli Ananda meresmikan posko pemenangan Dilan Minasaupa, Kecamatan…

1 month ago

DILAN: Orang Baik Insya Allah Pilih Orang Baik

Beritamakassar.com, Masyarakat tidak boleh berdiam diri terhadap setiap kontestasi politik. Akan tetapi, harus mengambil peran…

1 month ago

Dilan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Bantu Alat Tulis Warga Pulau

Beritamakassar.com, Pasangan nomor urut tiga, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, terus menebar manfaat dan kebaikan. Di masa…

1 month ago