Advertisement
Categories: NewsSulselTeknologi

Pemprov Gandeng JICA Bangun Sistem Pengurangan Resiko Bencana

BERITAMAKASSAR.com — Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, menerima perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA), di Ruang Kerja Sekda, Jumat (2/8/2019).

Pertemuan tersebut terkait kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan JICA, dalam upaya pengurangan resiko bencana.

Abdul Hayat mengatakan, Sulsel terbantu dengan adanya panduan, pemikiran, dan ide terkait upaya mengurangi resiko bencana.

“Ini sudah berlangsung. Fokus kepada bendungan Bili-Bili, itu tidak perlu dikhawatirkan, karena sudah ada langkah-langkah yang tepat,” katanya.

Lebih lanjut, Abdul Hayat menjelaskan, pemerintah sudah bisa memberikan sosialisasi, khususnya kepada daerah Gowa dan Makassar tentang Bili-Bili yang bukan penyebab banjir, tetapi justru mengatasi banjir.

“Tipis kemungkinan untuk bobol. Yang terpenting kita akan diperkuat oleh semua stakeholder, termasuk manajemen kebencanaan. JICA juga akan memberikan pendampingan secara terus-menerus untuk itu,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Syamsibar, menyebut, memang telah terjalin kerja sama antara JICA dengan Kementerian PU dan BNPB, yang terfokus pada upaya mengantisipasi kondisi yang ada di Bendungan Bili-Bili.

“Tadi Mr. Tada melaporkan kepada Pak Sekda tentang rancangan kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka mengantisipasi ancaman bendungan yang ada, utamanya wilayah Makassar, Gowa dan Takalar,” papar Syamsibar.

Ia juga mengatakan, pembenahan terhadap kondisi bendungan sudah dijadwalkan, khususnya dari aspek lahan yang kritis, sedimen yang harus segera ditangani, dan sistem peringatan dini.

“Sistem peringatan dini, bagaimana nanti memanage masyarakat manakala sudah terjadi ancaman, agar masyarakat bisa tahu jalur evakuasinya ke mana, sehingga bisa tertangani dengan baik,” jelasnya.

Berdasarkan arahan dari Sekprov, hal tersebut harus dimaksimalkan. Sehingga nanti memasuki musim penghujan atau cuaca ekstrim, hal tersebut dapat ditangani dengan baik. 

Penulis : Jahir Majid
Editor : Anshar Amin Sikki

Advertisement
Jahir Majid

Muh. Jahir Majid, akrab di panggil Jahir. Seorang jomblo yang Kesehariannya hanya dihabiskan untuk menulis naskah berita dan hobi bermain futsal. Aktif menjadi kontributor BeritaMakassar.com sejak juli 2019. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @jahir_el_comandante

Advertisement

Recent Posts

Bank Salah Transfer Rp1,6 M, Pasangan Ini Borong 3 Mobil & Perabot Rumah

Aksinya tentu ketahuan. Selain mobil ternyata dia menggunakan uang untuk melunasi utang dan perabot rumah…

53 mins ago

Heboh! Biasa Dipakai Kerokan, Koin Gopek Berlogo Melati Kini Dijual Rp250 Jutaan

BeritaMakassar - Uang koin lawas sedang naik daun. Setelah viral koin seribuan berlogo kelapa sawit…

1 hour ago

Sempat Diklaim sebagai Artis Tik Tok, Wajah Bowo Resmi Diblokir

BOWO tak lagi bermain Tik Tok karena wajahnya yang diblokir.* /Instagram @bowo_alpenliebe Beritamakassar.com - Aplikasi media sosial berbasis…

4 hours ago

Putri Bill Gates, Jennifer Katharine Akan Menikah dengan Pria Muslim Nayel Nassar

Nayel Nassar dan Jennifer Gates. (Foto: Ist) Beritamakassar.com – Putri sulung Bill Gates, Jennifer Katharine Gates akan segera menikah.…

4 hours ago

Fakta Aurelie Moeremans yang Viral Lagi Mengaku Dipaksa Menikah

Aurelie Moeremans/Foto: Instagram aurelie Beritamakassar.com – Nama Aurelie Moeremans tengah ramai menjadi pembicaraan. Pasalnya, ia baru-baru ini mengaku pernah…

4 hours ago

Jennie BLACKPINK Bad Mood, #boycottsamsungindonesia Menggema di Twitter

Jennie BLACKPINK. (Instagram/@jennierubyjane) Beritamakassar.com — Ekspresi “bad mood’ yang ditunjukkan salah satu personel BLACKPINK, Kim Jennie,…

4 hours ago