Categories: NewsSulselTeknologi

Pemprov Gandeng JICA Bangun Sistem Pengurangan Resiko Bencana

BERITAMAKASSAR.com — Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, menerima perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA), di Ruang Kerja Sekda, Jumat (2/8/2019).

Pertemuan tersebut terkait kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan JICA, dalam upaya pengurangan resiko bencana.

Abdul Hayat mengatakan, Sulsel terbantu dengan adanya panduan, pemikiran, dan ide terkait upaya mengurangi resiko bencana.

“Ini sudah berlangsung. Fokus kepada bendungan Bili-Bili, itu tidak perlu dikhawatirkan, karena sudah ada langkah-langkah yang tepat,” katanya.

Lebih lanjut, Abdul Hayat menjelaskan, pemerintah sudah bisa memberikan sosialisasi, khususnya kepada daerah Gowa dan Makassar tentang Bili-Bili yang bukan penyebab banjir, tetapi justru mengatasi banjir.

“Tipis kemungkinan untuk bobol. Yang terpenting kita akan diperkuat oleh semua stakeholder, termasuk manajemen kebencanaan. JICA juga akan memberikan pendampingan secara terus-menerus untuk itu,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Syamsibar, menyebut, memang telah terjalin kerja sama antara JICA dengan Kementerian PU dan BNPB, yang terfokus pada upaya mengantisipasi kondisi yang ada di Bendungan Bili-Bili.

“Tadi Mr. Tada melaporkan kepada Pak Sekda tentang rancangan kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka mengantisipasi ancaman bendungan yang ada, utamanya wilayah Makassar, Gowa dan Takalar,” papar Syamsibar.

Ia juga mengatakan, pembenahan terhadap kondisi bendungan sudah dijadwalkan, khususnya dari aspek lahan yang kritis, sedimen yang harus segera ditangani, dan sistem peringatan dini.

“Sistem peringatan dini, bagaimana nanti memanage masyarakat manakala sudah terjadi ancaman, agar masyarakat bisa tahu jalur evakuasinya ke mana, sehingga bisa tertangani dengan baik,” jelasnya.

Berdasarkan arahan dari Sekprov, hal tersebut harus dimaksimalkan. Sehingga nanti memasuki musim penghujan atau cuaca ekstrim, hal tersebut dapat ditangani dengan baik. 

Penulis : Jahir Majid
Editor : Anshar Amin Sikki

Jahir Majid

Muh. Jahir Majid, akrab di panggil Jahir. Seorang jomblo yang Kesehariannya hanya dihabiskan untuk menulis naskah berita dan hobi bermain futsal. Aktif menjadi kontributor BeritaMakassar.com sejak juli 2019. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @jahir_el_comandante

Recent Posts

Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia Ramaikan Konferensi Biogas Asia Pasifik

BERITAMAKASSAR.com -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyelenggarakan Biogas Asia Pacific Forum 2019 selama dua hari, Selasa dan Rabu, 26-27…

1 week ago

Jum’at Berkah, 200 Nasi Kuning Gratis Habis dalam waktu setengah Jam

BERITAMAKASSAR.com -- Kuliner Paccerakang setiap jum'at rutin melakukan kegiatan Sosial berupa pembagian Nasi Kuning Gratis di jalan poros Paccerakang. Pada…

3 weeks ago

IDI Cabang Gowa Gelar Bakti Sosial di Pesantren Darul Istiqomah Timbuseng

BERITAMAKASSAR.com -- Dalam rangka memperingati Hari Bakti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-69, IDI cabang Gowa menggelar bakti sosial di Pesantren…

3 weeks ago

PSM Makassar Kembali Menelan Hasil Minor Saat Tandang

BERITAMAKASSAR.com -- PSM Makassar kembali meraih hasil minor saat melakoni laga tandang melawan Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Palangka…

4 weeks ago

PSM Makassar Targetkan Pecah Telur di Stadion Tuah Pahoe

BERITAMAKASSAR.com -- PSM Makassar dijadwalkan menghadapi Kalteng Putra dalam laga tunda pekan ke-10 Shopee Liga 1 2019  di Stadion Tuah Pahoe, Kota…

4 weeks ago

PSM Berhasil Memetik Kemenangan Atas Tamunya Kalteng Putra

BERITAMAKASSAR.com -- PSM Makassar berhasil meraih tiga poin penting dengan mengalahkan Kalteng Putera 2-1 pada laga pekan ke-27 Shopee Liga 1…

4 weeks ago