Advertisement
Categories: Komunitas

Paradigma Institute Gelar Diskusi dan Launching Buku “Pesona Sari Diri”

BERITAMAKASSAR.com — Paradigma Institute, salah satu komunitas literasi di Makassar menggelar diskusi dan launching buku karya Sulhan Yusuf, CEO Paradigma Institute yang berjudul “Pesona Sari Diri” di Cafe Taman Perintis, Makassar (24/8/19). Paradigma Institute mengundang tiga pemateri, di antaranya Abdul Karim selaku esais, Arief Balla selaku penulis dan Alwy Rachman selaku budayawan.

“Pesona Sari Diri” adalah karya ketiga Sulhan Yusuf setelah sebelumnya telah menerbitkan buku puisi berjudul “AirMataDarah” dan sehimpunan literasi paragraf tunggal berjudul “Tutur Jiwa”.

Sulhan Yusuf mengatakan, buku “Pesona Sari Diri” menjadi penegasan eksistensi dirinya maupun Paradigma Institute  sebagai bagian dari kosmologi literasi. “Buku ini merupakan penanda yang kaffah, baik saya sebagai pribadi maupun bagian dari komunitas literasi Paradigma Institute,” ujar Aktivis Literasi Sulsel itu.

Meski sebagai penulis esai dalam “Pesona Sari Diri”. Namun, sejatinya, kata Sulhan Yusuf, buku tersebut adalah sebuah karya yang lahir dari kerja kolektif pegiat literasi di Paradigma Institute. “Semua proses kelahiran buku Pesona Sari Diri dikerjakan oleh pegiat literasi di Paradigma Institute,” ujarnya.

“Saya selaku penulis, prolog oleh Bahrul Amsal, kepala sekolah kelas literasi. Epilog oleh Muhajir, selaku redaktur Kalaliterasi. com. Dieditori oleh Alto Makmuralto dan diterbitkan oleh Liblitera, yang kesemuanya bagian dari jejaring literasi,” tambahnya.

Sementara Muhajir MA selaku ketua panitia mengatakan, pasca diskusi buku ini, Paradigma Institute akan menggelar kelas menulis yang telah menjadi kegiatan tahunan Paradigma Institute. “Berbeda dengan kelas sebelumnya. Kelas ini khusus untuk melatih peserta dalam menulis resensi buku. Sehingga peserta tak hanya diajak melatih kemampuan menulis, namun juga diajak mengasah minat baca,” ujarnya.

Paradigma Institute telah meluluskan 10 peserta yang akan diikutkan dalam kelas resensi buku tersebut. Rencananya akan digelar pada Minggu 1 September 2019. Sehari sebelum kelas perdana dimulai, Paradigma Institute akan menggelar bedah buku karya Frantz Fanon yang berjudul “Black Skin, White Masks”. 

Penulis: Muhajir MA
Editor: Wardi

Advertisement
Muhajir MA

Hobi membeli buku namun malas membaca. Menyukai sastra, film, dan filsafat. Membenci kuliah namun akhirnya menjadi mahasiswa pascasarjana di UNM. Kuli tinta. Orangnya rumit, tukang mikir. Hubungi saya via facebook dan follow di instagram @muhajir_m.a

Advertisement

Recent Posts

Polling Sementara Pilwali Makassar Dimenangkan oleh DILAN, Begini Komentar Netizen

Beberapa bulan lagi Pilwali Makassar akan dilaksanakan. Walau di tengah pandemi Covid-19, hal ini tak…

3 weeks ago

Kandidat Bakal Calon Walikota Mengerucut Menjadi 4 Paslon, Siapa Mereka?

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura menyerahkan surat rekomendasi model B1-KWK kepada bakal pasangan calon (paslon)…

1 month ago

Pasha Ungu Cat Seluruh Rambutnya Jadi Blonde, Ini Kata Netizen!

Sejak beberapa tahun terakhir, Pasha vokalis Ungu memutuskan untuk beralih ke dunia politik. Ia kini…

2 months ago

Vitalia Sesha Diduga Ditangkap Polisi Karena Prostitusi Online, Ini Komentar Keluarga!

Ketika inisial artis VS muncul ke permukaan sebagai terduga pelaku prostitusi online di Bandar Lampung,…

2 months ago

Unggah Foto Dengan Make Up Tipis, Agnez Mo Tuai Pujian Netizen

Agnez Mo mengunggah potret dirinya dengan make up tipis di Instagram pribadinya. Dalam sejumlah foto…

2 months ago

Amanda Manopo Sudah Bertemu dengan Orangtua Billy Syahputra, Ini yang Dibahas!

Billy Syahputra dan Amanda Manopo diketahui tengah menjalin asmara. Namun keduanya masih enggan untuk mengumbarnya…

2 months ago