Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Nasib LMPV Cina Wuling Confero di Indonesia

  • Share

Wuling Confero adalah produk pertama pabrikan asal Cina, Wuling, saat mengadu nasib di Indonesia. Dilaunching perdana pada Agustus 2017 lalu, Wuling Motors nekat berbisnis otomotif di Indonesia dengan langsung memamerkan produk low multi purpose vehicle (LMPV).

Padahal diketahui, Indonesia sudah lama akrab dengan sejumlah merek LMPV terkenal dari pabrikan Jepang. Seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan Xpander yang meski terbilang baru namun sudah menunjukkan keganasannya.

Otomatis, Wuling Confero harus bersaing dengan sejumlah LMPV ternama itu. Beberapa di antaranya bahkan sudah dijuluki ‘mobil sejuta umat’. Lantas bagaimana posisi penjualan Confero di tengah ketatnya persaingan jagoan-jagoan LMPV di Indonesia?

Sayangnya, LMPV dari pabrikan Cina itu belum terlalu tangguh menghadapi LMPV dari pabrikan Jepang. Merujuk pada data Gaikindo, tercatat pada semester 1 tahun 2019, Toyota Avanza menduduki urutan pertama LMPV terlaris dengan penjualan sebesar 39.815 unit.

Disusul Mitsubishi Xpander yang berhasil meraih posisi runner up dengan penjualan 32.652 unit. Adapun Daihatsu Xenia di urutan ketiga dengan 13.923 unit, Suzuki Ertiga urutan keempat dengan penjualan 12.850 unit, Honda Mobilio urutan kelima dengan penjualan 8.243 unit dan Nissan Livina di urutan keenam dengan penjualan  5.332 unit. Sementara Wuling Confero harus puas di urutan ke tujuh dengap penjualan 2.948 unit.

Meski demikian, capaian Wuling secara keseluruhan terbilang positif di Indonesia. LMPV Wuling memang belum bisa menggeser para seniornya. Namun, penjualan produk Wuling jika diakumulasi secara keseluruhan sudah lebih dari 30.000  unit sepanjang karirnya di Indonesia, sebagaimana yang dikutip dari situs resmi Wuling Indonesia.  Raihan ini menempatkan Wuling pada posisi Top 10 Best Selling brand otomotif di Indonesia.

Dalam pertemuan dengan media beberapa waktu lalu, Vice President Wuling Motors, Cindy Cai juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia atas antusiasme menyambut setiap inovasi dari Wuling Motors.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi setiap pelanggan setia dan mitra Wuling Motors yang telah berjalan bersama selama dua tahun ini. Momentum tahun kedua juga menandakan tahapan baru dalam perjalanan Wuling untuk semakin bertumbuh dan berinovasi di Indonesia,” ujarnya.

Penulis : Muhajir MA
Editor : Wardi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *