Advertisement
Categories: KulinerLifestyle

Mengenal “Burasa”, Makanan Khas Masyarakat Makassar di Hari Raya

BERITAMAKASSAR.com — Secara umum kita mengenal ketupat sebagai olahan beras yang dibungkus oleh anyaman janur yang dihidangkan bersama dengan opor ayam ketika lebaran tiba. Namun di Sulawesi Selatan khususnya di Makassar terdapat olahan beras lain yang menarik untuk kita bahas yaitu sebuah kuliner yang bernama nasi buras atau burasa.

Sama dengan ketupat jika buras juga menjadi sebuah tradisi tersendiri untuk hidangan ketika hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha tiba yang disajikan bersama dengan opor dan juga coto Makassar. Akan tetapi kuliner khas Sulawesi Selatan ini memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma yang khas karena dalam memasaknya juga disertakan santan dan beberapa bumbu lainnya.

Sepintas, Buras sangat mirip dengan kue basah khas Suku Jawa, Lemper. Namun, yang membedakan dua makanan itu dari bahan dasarnya.

Buras terbuat dari beras, sedangkan Lemper terbuat dari beberapa bahan dasar. Mulai dari ubi, pisang, dan ketan. Hanya saja, yang memiripkan dua penganan itu karena sama-sama dibungkus oleh daun pisang sebagai kulitnya.

Buras sendiri, oleh sejumlah orang-orang Suku Bugis Makassar memakannya dengan beberapa campuran makanan lainnya. Seperti kari ayam, daging, dan telur. Tiga campuran makanan ini harus wajib disediakan menemani Buras saat hajatan keluarga digelar.

Akan tetapi, rasa Buras yang sangat berbeda dengan Ketupat. Karena Buras dimasak khusus dengan campuran santan. Makanya saat Buras dicicipi berasa gurih dan aromanya yang begitu khas.

Cara membuat Buras, ternyata juga tidak sulit. Karena bagi Anda yang ingin mencoba cukup menyediakan beberapa bahan. Seperti bahan utama beras yang disediakan sesuai keinginan, santan, daun salam, garam secukupnya, daun pisang muda untuk pembungkus, dan tali rafia untuk mengikat pembungkusnya.

Setelah semua bahan telah tersedia, barulah mulai untuk membuat dengan terlebih dulu mencuci beras hingga benar-benar bersih, kemudian tiriskan dan kukuslah setengah matang. Kemudian masak santan dan daun salam serta lumuri garam secukupnya hingga benar-benar mendidih.

Jika langkah itu telah dilakukan, lanjut dengan memasukan beras yang setengah matang tadi ke dalam santan. Tunggu hingga santannya meresap ke dalam beras kemudian angkat. Adonan untuk Buras siap dibungkus.

Advertisement
Rilis Berita Makassar

Punya rilis yang ingin di publish di BeritaMakassar.com? Silahkan Kirim ke redaksi@beritamakassar.com dengan subject Rilis + Judul.

Advertisement

Recent Posts

Polling Sementara Pilwali Makassar Dimenangkan oleh DILAN, Begini Komentar Netizen

Beberapa bulan lagi Pilwali Makassar akan dilaksanakan. Walau di tengah pandemi Covid-19, hal ini tak…

3 weeks ago

Kandidat Bakal Calon Walikota Mengerucut Menjadi 4 Paslon, Siapa Mereka?

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura menyerahkan surat rekomendasi model B1-KWK kepada bakal pasangan calon (paslon)…

4 weeks ago

Pasha Ungu Cat Seluruh Rambutnya Jadi Blonde, Ini Kata Netizen!

Sejak beberapa tahun terakhir, Pasha vokalis Ungu memutuskan untuk beralih ke dunia politik. Ia kini…

2 months ago

Vitalia Sesha Diduga Ditangkap Polisi Karena Prostitusi Online, Ini Komentar Keluarga!

Ketika inisial artis VS muncul ke permukaan sebagai terduga pelaku prostitusi online di Bandar Lampung,…

2 months ago

Unggah Foto Dengan Make Up Tipis, Agnez Mo Tuai Pujian Netizen

Agnez Mo mengunggah potret dirinya dengan make up tipis di Instagram pribadinya. Dalam sejumlah foto…

2 months ago

Amanda Manopo Sudah Bertemu dengan Orangtua Billy Syahputra, Ini yang Dibahas!

Billy Syahputra dan Amanda Manopo diketahui tengah menjalin asmara. Namun keduanya masih enggan untuk mengumbarnya…

2 months ago