Advertisement
Categories: EventPendidikan

Dihelat di Makassar, Kompetisi Sains Madrasah Bakal Dibuka Langsung Gubernur

BERITAMAKASSAR.com — Jelang puncak acara pelaksanaan event Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sulsel tahun 2019, berbagai persiapan terus digenjot penyelesaiannya oleh Panitia Pelaksana yang digawangi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel kerjasama dengan jajaran Kemenag Kota Makassar selaku Tuan Rumah.

Hal ini terungkap saat digelar Rapat Persiapan Panitia Pelaksana KSM tingkat Prov Sulsel di Aula Kanwil Kemenag Sulsel pagi tadi, Senin (12/8/19) yang dipimpin langsung Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil H. Masykur.

Kegiatan ini sendiri rencanananya bakal dipusatkan di Kota Makassar, tepatnya di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jl AP Pettarani Kota Makassar 15 Agustus mendatang.

Sebelumnya Sekertaris pelaksanaan KSM tingkat Prov Sulsel H Muhammad Kasim dalam Laporannya menyampaikan bahwa, sampai Hari ini progress persiapan panitia sudah memasuki angka 80%, olehnya itu 3 hari kedepan harus segera dirampungkan sisanya.

“Semua Panitia wajib serius menyikapi pelaksanaan KSM ini, karena moment ini merupakan wadah kita Mempersiapkan sebaik-baiknya duta duta terbaik Madrasah dari Sulsel untuk berlaga di tingkat nasional yang rencananya akan digelar di Kota Manado Sulawesi Utara Bulan September 2019 mendatang,” ujar Kasim.

KSM tahun ini menampilkan hal Yg sedikit beda dari KSM tahun sebelumnya, dimana KSM tahun ini berbasis CBT (Computer Based Test) dan dengan waktu pelaksanaan serempak secara nasional. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil dan meminimalisir potensi kecurangan. Terlebih lagi kunci jawaban akan diperoleh sejam seusai pelaksanaan secara online.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel H. Masykur dalam arahannya Berharap agar baik panitia, Pengawas maupun Proktor bisa konsentrasi  aktif dan bahu membahu mensukseskan pelaksanaan KSM tingkat Provinsi mulai persiapan sampai pelaksanaan. Usahakan jangan ada sekecil apapun yang terlewatkan, tegasnya.

Beliau juga meminta secara khusus agar panitia yang masuk tim Publikasi dan Humas diharapkan memblowup syiar KSM ini agar segala bentuk informasi terkait KSM bisa viral di media khususnya di publik, utamanya terkait dengan sosialisasi massif baik via media publik seperti spanduk, reklame, multimedia, hal ini penting agar masyarakat tahu bahwa Madrasah juga memiliki event Terbaik, Pintanya.

Tahun ini, Jumlah peserta yang akan mengikuti KSM Tingkat Provinsi sebanyak 715 orang dengan bidang Lomba berdasarkan tingkatan pendidikan, untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (Matematika terintegrasi, Sains IPA Terintegrasi. Madrasah Tsanawiyah (Matematika Terintegrasi, IPA dan IPS terintegrasi),  dan untuk Madrasah Aliyah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geografi yang kesemuanya Terintegrasi).

Acara Pembukaan rencananya Dihadiri Gubernur Sulsel, Kakanwil Kemenag Sulsel, Walikota Makassar, Pejabat dari Ditjen Pendis Kemenag RI, Para Kakankemenag dan Kasi Pendidikan Madrasah Kab/Kota Se-Sulsel, dan Kepala Madrasah Se-Sulsel, jadi diperkirakan Ajang KSM tahun ini bakal dihadiri sebanyak seribuan orang bahkan mungkin lebih.

KSM nanti juga akan dirangkaikan dengan kegiatan Pembentukan pengurus tingkat propinsi mulai dari KKG, MGMP Madrasah se Sulsel. Jadi Siswanya ikut Lomba, Gurunya ikut Workshop.

Penulis : Karman Kurniawan
Editor : Wardi

Advertisement
Karman Kurniawan

Bernama lengkap Karman Kurniawan akrab disapa Maman, rutinitas menulis kumpulan essai, opini kritik dan Naskah Jurnalistik. Follow akun IG saya di @karman_kurniawan

Advertisement

Recent Posts

Pasha Ungu Cat Seluruh Rambutnya Jadi Blonde, Ini Kata Netizen!

Sejak beberapa tahun terakhir, Pasha vokalis Ungu memutuskan untuk beralih ke dunia politik. Ia kini…

2 weeks ago

Vitalia Sesha Diduga Ditangkap Polisi Karena Prostitusi Online, Ini Komentar Keluarga!

Ketika inisial artis VS muncul ke permukaan sebagai terduga pelaku prostitusi online di Bandar Lampung,…

2 weeks ago

Unggah Foto Dengan Make Up Tipis, Agnez Mo Tuai Pujian Netizen

Agnez Mo mengunggah potret dirinya dengan make up tipis di Instagram pribadinya. Dalam sejumlah foto…

2 weeks ago

Amanda Manopo Sudah Bertemu dengan Orangtua Billy Syahputra, Ini yang Dibahas!

Billy Syahputra dan Amanda Manopo diketahui tengah menjalin asmara. Namun keduanya masih enggan untuk mengumbarnya…

2 weeks ago

Nia Ramadhani Tak Tahu Bentuk Buah Markisa, Ini Komentar Netizen!

Nia Ramadhani kembali membuat heboh warganet. Setelah tidak bisa mengupas salak dan menggoreng telor, kini…

2 weeks ago

Viral Artis Baru Dituduh Jadi Pelakor, Hidup Mewah Bersama Suami Orang

Artis pendatang baru Malaysia bernama Alya Iman tengah jadi perbincangan di negerinya. Seorang selebgram menuduh…

2 weeks ago