Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

Belajar BTQ, Warga Binaan Rutan Kelas I Dapat Sumbangan Alquran

  • Share

BERITAMAKASSAR.com — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar menerima sumbangan Alquran dari Kantor Kementerian Agama Kota Makassar di Masjid Nurul Iman Rutan, Kamis (22/8/2019).

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Ramli MH mengungkapkan jika bantuan tersebut didapatkan berkat upaya dari pihak Pengelola Rutan yang melakukan pembinaan secara berkala kepada warga binaan agar tidak buta aksara Alquran.

Pendataan yang dilakukan tahun 2017, hasilnya diketahui dari keseluruhan warga Muslim yang mencapai ribuan, hanya 153 orang saja yang memiliki kemampuan baca tulis Alquran. 

Hal inilah yang mendasari sehingga dibentuklah kelompok-kelompok pengajian yang secara khusus belajar tentang Baca Tulis Alquran (BTQ). 

“Melalui kelompok-kelompok kecil ini yang diistilahkan dengan madrasah kecil, dilakukan pembinaan kepada warga binaan dan alhamdulillah sampai saat ini masih tetap eksis melaksanakan kegiatan baik pengajian maupun pengajaran baca tulis Alquran,” sambungnya.

Ia menambahkan jika program terlaksana bekerjasama dengan Wahdatul Islamiyah, dan tahun 2018 Rutan Kelas I Makassar sukses mewisuda sebanyak 1.500 orang warga binaan rutan. 

“Pembinaan dalam hal baca tulis Alquran sudah terlaksana, dan langkah selanjutnya adalah pembinaan di bidang akhlak, dan hal ini dilakukan kerjasama dengan Kemenag Makassar, melalui Kepala Seksi Bimas Islam,” lanjutnya lagi.

Ia pun berharap agar warga Rutan dapat memanfaatkan dengan baik apa disumbangkan Kemenag Makassar dan bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat.

Penulis: Karman Kurniawan
Editor: Muhammad Usri Yusran

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *