Menu
Portal Berita Kebanggaan Makassar

6.130 mahasiswa baru Unhas Bakal Ikuti P2KMB, Pengamanan Gunakan Drone dan CCTV

  • Share

BERITAMAKASSAR.com — Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menggelar Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) Kamis pagi 8/8/2019, mulai pukul 08.30 WITA. 

Sebanyak 6.130 mahasiswa baru Unhas direncanakan mengikuti prosesi yang akan dihadiri oleh Rektor Unhas, Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, dan jajaran pimpinan universitas dan fakultas.

Ada yang berbeda dengan Kegiatan Penerimaan dan Pengembangan  Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) tahun 2019 ini. Panitia pelaksana akan memanfaatkan teknologi dalam upaya memonitoring dan pengamanan kegiatan.

Teknologi yang dimaksud berupa drone dan penempatan CCTV di berbagai titik. Hal ini akan memudahkan dalam mengontrol berlangsungnya kegiatan.

Ketua panitia pelaksana P2KMB 2019 Emban Ibnu Rusyd Mas’ud S.Hut, MP mengatakan, selain mempersiapkan acara penyambutan yang berkesan bagi mahasiswa baru dan civitas akademik, juga panitia pelaksana mengantisipasi berbagai hal, termasuk pengamanan.

Untuk memudahkan pengaturan dan penertiban telah disiapkan 2 drone dan beberapa CCTV di berbagai sudut di kawasan GOR Unhas dan sekitarnya yang akan menjadi lokasi acara.

“Hal ini disiapkan agar menghindari adanya gangguan yang menghambat kegiatan sehingga para mahasiswa baru dapat menjalankan akivitas dengan khidmat,” kata Emban di sela-sela persiapan acara P2KMB.

Emban menambahkan, teknologi ini juga dipilih sebagai salah satu aspek dalam efektifitas dan efisiensi untuk tanggap dan cepat mengindikasi bagi siapa saja berpotensi untuk mengganggu jalannya kegiatan.

Pelaksanaan P2KMB ini juga menjadi momentum penegakan aturan yang lebih tegas bagi siapa saja yang dapat penghambat kegiatan. Penyambutan mahasiswa baru merupakan seremoni yang sakral, sebab ini menjadi momentum penerimaan sebagai mahasiswa baru Unhas.

Emban menjelaskan pihak panitia telah berkomitmen untuk menindak tegas bagi siapa saja yang ingin mengganggu jalannya acara. Bahkan jika ada yang merusak fasilitas kampus, sanksi akademik yang tegas akan diberikan. Bisa berupa skorsing bahkan hingga sanksi pemecatan sebagai mahasiswa.

“Tentu saja kita berharap tidak ada gangguan selama kegiatan pembukaan P2KMB besok. Namun sebagai langkah antisipasi, hal-hal yang penting telah kami siapkan,” kata Emban.

Penulis : Uje Jaelani
Editor : Wardi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *